Amirudin, Ari (2024) Dampak Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Jarak Tempuh Angkutan Logistik Pada Jasa Pengiriman JNE Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (487kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text
C. BAB 1.pdf Download (136kB) |
|
Text
D. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Logistik adalah kegiatan pemindahan barang mulai dari penjualan, permintaan barang, pengantaran barang/delivery, dan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan agar barang datang tepat waktu, dengan kualitas dan kuantitas yang tepat, serta biaya yang terjangkau. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman adalah PT JNE. Jasa pengiriman mendapat tekanan dengan kenaikan harga BBM. Harga solar naik dari 5.150/liter menjadi 6.800/liter, pertalite 7.650/liter menjadi 10.000/liter. Berpengaruh juga terhadap lalu lintas hinterland atau pembagian wilayah pada jasa pengiriman yang efisien guna proses distribusi. Tujuan penelitian ini adalah menghitung jangkauan hinterland sebelum dan sesudah harga BBM mengalami kenaikan, menghitung jangkauan hinterland rencana dan biaya kirim per kilometer sesuai dengan perhitungan hinterland dan merencanakan kombinasi moda transportasi yang digunakan bila jarak kirim melebihi hinterland. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan biaya operasional kendaraan (BOK) yaitu menjumlahkan total biaya tetap dengan biaya variabel. Berdasarkan BOK dapat dianalisis mengenai biaya pengiriman dengan menghitung BOK harian dibagi dengan jarak tempuh per hari. Menentukan hinterland yang berguna untuk memaksimalkan fungsi dari pemilihan jenis kendaraan dan pembagian wilayah terhadap jasa pengiriman. Hinterland di rancang berdasarkan jenis kendaraan, kecepatan rata-rata dan jarak tempuh efisien dengan perbandingan waktu kerja. Cara Menghitung jangkauan hinterland kendaraan dilakukan dengan cara mengalikan antara kapasitas penuh tangki dengan jarak tempuh perliter sesuai moda trasnportasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hinterland, Biaya Operasional Kendaraan, Kenaikan BBM | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Ari Amirudin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | ari.amirudin09@yahoo.com | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:15 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22697 |
Actions (login required)
View Item |