Studi Kombinasi Penggunaan Campuran semen pada Konstruksi CTRB (Cement Treated Recycling Base)

Abdullatif, Ahmad Zidqi (2024) Studi Kombinasi Penggunaan Campuran semen pada Konstruksi CTRB (Cement Treated Recycling Base). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
pendahuluann.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimalisasi penggunaan campuran semen pada konstruksi CTRB (Cement Treated Recycling Base) di jalan raya Pantura Paiton, Kabupaten Probolinggo. CTRB adalah teknologi daur ulang yang memanfaatkan material hasil galian jalan lama sebagai material penyusun lapis pondasi jalan. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi kadar semen terhadap kekuatan campuran CTRB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kadar semen 5% dan 7% dapat meningkatkan kekuatan campuran CTRB. Kadar semen 5% menghasilkan kuat tekan bebas sebesar 26,40 kg/cm², sedangkan kadar semen 7% menghasilkan kuat tekan bebas sebesar 30,90 kg/cm². Hasil ini sesuai dengan standar SNI untuk CTRB. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa substitusi pozolan dapat meningkatkan kekuatan campuran CTRB. Substitusi pozolan 15% dan 30% terhadap masing-masing variasi kadar semen dapat meningkatkan kekuatan campuran CTRB. Dalam penelitian ini, kami juga menguji kuat tekan bebas campuran CTRB dengan usia perawatan 7 hari. Hasil uji menunjukkan bahwa campuran CTRB dengan kadar semen 5% dan 7% dapat menahan gaya tarik dengan baik. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan campuran semen pada konstruksi CTRB dapat meningkatkan kekuatan campuran Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para insinyur dan pengembang jalan raya dalam mengoptimalkan penggunaan material daur ulang dan meningkatkan kualitas jalan raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CTRB
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Sipil
Depositing User: AHMAD ZIDQI ABDULLATIF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorKuryanto, Totok DwiNIDN0013086602
Thesis advisorAbadi, TaufanNIDN0710096603
Contact Email Address: Ahmadzidqiabdullatif@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:46
Last Modified: 31 Jul 2024 06:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22824

Actions (login required)

View Item View Item