Putri, Dinda Ulfa Syahrureza Ellena (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS BUDAYA PENDALUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMPN 1 SUMBERJAMBE JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. Abstrak.pdf Download (514kB) |
|
Text
C. BAB 1.pdf Download (5MB) |
|
Text
D. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (889kB) |
|
Text
J. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran atau rancangan pembelajaran yang berlandaskan pada kurikulum yang diaplikasikan dengan tujuan untuk menggapai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar khusus bermuatan budaya pendalungan yang belum pernah digunakan dalam menyampaikan materi mengenai teks drama. Peneliti berasumsi jika mampu membantu kegiatan belajar mengajar guru dan peserta didik di dalam kelas. Oleh karena itu, pengembangan modul ajar berbasis budaya pendalungan penting dilakukan. Penelitian pengembangan modul ajar berbasis budaya pendalungan ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Metode penelitian pengembangan ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menemukan, menghasilkan produk, serta menguji keefektifan dari produk tersebut. Langkah-langkah yang akan dilakukan peneliti disederhanakan menjadi lima langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, dan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sumberjambe Jember. Melalui uji coba produk akan diketahui layak atau tidaknya bahan ajar berbasis budaya pendalungan. Proses penyusunan modul ajar berbasis budaya pendalungan dimulai dengan studi pendahuluan, kemudian tahap perencanaan menganalisis kurikulum untuk melihat capaian pembelajaran pada semester genap. Selanjutnya tahap desain guna mempersiapkan struktur pada modul ajar dengan detail. Dilakukan tahap pengembangan modul ajar yang kemudian di ujicobakan kepada calon pengguna. Setelah melalui tahap pengembangan dan pebaikan modul ajar siap dipublikasikan. Hasil uji validitas dari ahli bahan ajar pada modul ajar berbasis budaya pendalungan diperoleh skor rata-rata 96,6 artinya termasuk dalam kategori sangat baik tidak perlu direvisi. Uji validasi dari ahli materi pada Modul Ajar Berbasis Budaya Pendalungan mendapat skor rata-rata 97,2 yang berarti termasuk dalam kategori baik dan sesuai serta tidak perlu direvisi. Hasil pengolahan kuesioner respon siswa terhadap produk modul ajar diperoleh nilai rata-rata 90,5 artinya modul ajar yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baik. Bagi guru, modul ajar teks drama berbasis budaya pendalungan dapat dijadikan bahan ajar pendamping dari buku teks peserta didik. Dan bagi siswa, modul ajar berbasis budaya pendalungan dapat dijadikan sumber belajar untuk menambah pengetahuan dalam materi teks drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul Ajar, Pendalungan | |||||||||
Subjects: | 400 Language | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Dinda Ulfa Syahrureza Ellena Putri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | dindaellena23@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2024 01:20 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2024 01:20 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23017 |
Actions (login required)
View Item |