Analisis yuridis legalitas pengendara sepeda listrik di jalan raya berdasarkan undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan

Ahmad umar faruq, Umar (2024) Analisis yuridis legalitas pengendara sepeda listrik di jalan raya berdasarkan undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (17MB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (21MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan sepeda listrik di masyarakat semakin meningkat. Dengan meningkatnya popularitas sepeda listrik, penting untuk memiliki regulasi yang jelas dan efektif guna memastikan keselamatan dan ketertiban di jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara yuridis terkait keabsahan pengendara sepeda listrik di jalan raya berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam penyusunan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan undang-undang (Statute Approach) dan pendekatan konseptual (Conceptual Approach) dengan jenis penelitian yuridis normatif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa regulasi mengenai sepeda listrik masih belum jelas diatur dalam Undang-Undang. Peraturan Menteri yang ada saat ini tidak secara jelas dan khusus mengatur tentang penggunaan sepeda listrik di jalan raya. Ketidakjelasan ini menciptakan kekosongan hukum yang dapat membahayakan keselamatan pengguna sepeda listrik dan pengguna jalan lainnya. Ketidakjelasan ini juga mencakup kewajiban memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pengendara sepeda listrik. Oleh karena itu, perlu adanya regulasi yang lebih spesifik untuk mengatur penggunaannya di jalan raya. Regulasi yang jelas dan efektif akan membantu memastikan keselamatan dan ketertiban di jalan raya, serta mengurangi potensi risiko yang dapat terjadi akibat penggunaan sepeda listrik tanpa pengawasan yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 349 Law of Specific Jurisdictions & Areas
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Department: S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Ahmad Umar Faruq
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorUbaidillah, Lutfiannidn0717018802
Contact Email Address: umar.faruq730@gmail.com
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:09
Last Modified: 16 Aug 2024 03:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23280

Actions (login required)

View Item View Item