Analisis nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita bergambar

Rizal, Bagus Faizal (2024) Analisis nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita bergambar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Rijal fix_removed pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rijal fix_removed abstrak.pdf

Download (792kB)
[img] Text
Rijal fix_removed 1.pdf

Download (921kB)
[img] Text
Rijal fix_removed 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
Rijal fix_removed 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Rijal fix_removed 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text
Rijal fix_removed 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Rijal fix_removed 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text
Rijal fix_removed lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rijal fix_removed daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter merupakan bagian dari konsep pendidikan secara umum, termasuk pendidikan formal, informal, dan non formal. Untuk mewujudkannya, diperlukan upaya sadar dan terencana dalam suatu proses pembelajaran yang melibatkan pendidik, media, serta sarana dan fasilitas pendukung. Pentingnya pendidikan karakter dimulai sejak dini, yakni sejak anakanak belajar pertama kali, terutama di lingkungan keluarga. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menanamkan karakter pada anak adalah media cetak. Suatu penelitian tidak terlepas dari masalah yang ingin dicari jawabannya. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita bergambar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Obyek yang dikaji untuk dideskripsikan adalah nilai karakter yang terdapat dalam buku cerita bergambar karya Dini W. Tamam. Data pada penelitian ini berupa kalimat atau susunan paragraf yang bermuatan nilai pendidikan karakter. Data tersebut dikumpulkan secara dokumentasi dan dianalisis dengan Langkah: (1) pengelompokan data, (2) pengkodean data, (3) inferensi, (4) analisis. Alat utama untuk mengumpulkan data adalah tabel dan peneliti sebagai instrument utamanya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa buku "Kumpulan Dongeng Paling Seru Pembentuk Karakter" memiliki beragam nilai karakter yang sangat relevan, seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penting untuk memulai pendidikan karakter sejak dini, terutama di lingkungan keluarga. Buku ini sangat sesuai untuk anak-anak di bawah 10 tahun karena mengandung cerita-cerita fiksi yang membawa nilai-nilai pendidikan karakter yang berharga untuk masa depan mereka. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah bahwa buku cerita anak yang berjudul ”Kumpulan Dongeng Paling Seru Pembentuk Karakter” berisi cerita yang tepat untuk anak –anak umur di bawah 10 tahun. Hal ini karena di dalam buku tersebut terbukti ada cerita-cerita fiksi yang mengandung nilai pendikan karakter. Nilai karakter inilah yang berguna untuk kemudian hari atau di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Bagus Faizal Rizal
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUSETYO, AGUS MILUNIDN0718088602
Thesis advisorHUDA, TANZILNIDN0723036803
Contact Email Address: Bagusfaizalrizal95@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:06
Last Modified: 19 Aug 2024 06:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23283

Actions (login required)

View Item View Item