Meningkatkan Kemampuan Representasi Semiotik Siswa Dengan Metode Guided Discovery Learning

SURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARI and Agustina, Lady and EURIKA, NOVY (2023) Meningkatkan Kemampuan Representasi Semiotik Siswa Dengan Metode Guided Discovery Learning. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika.

[img] Text
Turnitin_2022 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.pdf.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi semiotik siswa pada materi garis singgung lingkaran di SMP Muhamammadiyah 3 Rambipuji. Studi pendahuluan menyatakan 20% siswa kelas VIII mampu dalam merepresentasikan hasil berfikirnya ke dalam bentuk gambar dan simbol. Subjek penelitian terdiri dari sepuluh siswa kelas VIII menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, lembar kerja siswa, dan wawancara. Analisis data dengan tahapan redukdi data, penyajikan data dan penarikan kesimpulan. Setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, membuat perencanaan, pelaksanaan rencana tindakan, melakukan pengamatan, dan refleksi hasil penelitian. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai melebihi batas KKM. Dari hasil pelaksanaan siklus 1, 60% siswa mampu merepresentasikan jawaban soal dalam representasi semiotik subjek penelitian. Pada siklus 2 setelah mengikuti pembelajaran dengan metode guided discovery learning menandakan adanya peningkatan kemampuan representasi semiotic. Siswa lebih mudah untuk merepresentasikan suatu masalah dalam materi garis singgung lingkaran. Sehingga nilai akhir yang didapatkan mengalami peningkatan secara signifikan yaitu 90%.

Item Type: Peer Review
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Christine Wulandari Suryaningrum
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:07
Last Modified: 13 Sep 2024 02:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23393

Actions (login required)

View Item View Item