PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING



AISYAH, SHIERLEY (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN (3).pdf] Text
A. PENDAHULUAN (3).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK (2).pdf] Text
B. ABSTRAK (2).pdf

Download (464kB)
[thumbnail of C. BAB I (2).pdf] Text
C. BAB I (2).pdf

Download (768kB)
[thumbnail of D. BAB II (2).pdf] Text
D. BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III (2).pdf] Text
E. BAB III (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV (2).pdf] Text
F. BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V (2).pdf] Text
G. BAB V (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA (2).pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (660kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN (2).pdf] Text
I. LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan fluktuasi jumlah pengunjung di
objek wisata Rembangan, Kabupaten Jember, yang masih menunjukkan ketidakstabilan
selama empat tahun terakhir. Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi dan Dinas
Pariwisata Kabupaten Jember, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
digital marketing dan experiential marketing terhadap minat kunjung ulang, dengan
kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif. Data dikumpulkan melalui survei
menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares
Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk memahami hubungan antar variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengunjung dan minat kunjung ulang. Sebaliknya, experiential
marketing memiliki pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap minat kunjung
ulang, tetapi berdampak positif pada kepuasan pengunjung. Temuan ini menunjukkan
bahwa kepuasan pengunjung memediasi hubungan antara experiential marketing dan
minat kunjung ulang, mengindikasikan bahwa pengalaman wisata yang memuaskan
mampu meningkatkan minat pengunjung untuk kembali, meskipun pengalaman tersebut
mungkin belum sepenuhnya menarik secara langsung. Implikasi dari penelitian ini adalah
pentingnya bagi pengelola destinasi untuk meningkatkan kualitas digital marketing serta
menyempurnakan pengalaman wisata yang ditawarkan agar lebih dinamis dan berkesan.
Dengan berfokus pada kepuasan pengunjung sebagai penghubung antara strategi
pemasaran dan minat kunjung ulang, pengelola dapat menciptakan loyalitas pengunjung
yang lebih kuat. Strategi ini diharapkan mampu meningkatkan stabilitas jumlah
pengunjung, sehingga mendukung perkembangan pariwisata di Kabupaten Jember.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Susbiyani, Arik
NIDN0728117101
Dosen Pembimbing
Santoso, Budi
NIDN0709107301

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Digital marketing dan experiential marketing, minat kunjung ulang, kepuasan pengunjung
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Shierley Aisyah | shierleymagister@gmail.com
Date Deposited: 10 Jan 2025 05:00
Last Modified: 10 Jan 2025 05:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23802

Actions (login required)

View Item View Item