PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
AISYAH, SHIERLEY (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN (3).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK (2).pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
C. BAB I (2).pdf Download (768kB) |
![]() |
Text
D. BAB II (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (660kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan fluktuasi jumlah pengunjung di
objek wisata Rembangan, Kabupaten Jember, yang masih menunjukkan ketidakstabilan
selama empat tahun terakhir. Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi dan Dinas
Pariwisata Kabupaten Jember, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
digital marketing dan experiential marketing terhadap minat kunjung ulang, dengan
kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif. Data dikumpulkan melalui survei
menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares
Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk memahami hubungan antar variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengunjung dan minat kunjung ulang. Sebaliknya, experiential
marketing memiliki pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap minat kunjung
ulang, tetapi berdampak positif pada kepuasan pengunjung. Temuan ini menunjukkan
bahwa kepuasan pengunjung memediasi hubungan antara experiential marketing dan
minat kunjung ulang, mengindikasikan bahwa pengalaman wisata yang memuaskan
mampu meningkatkan minat pengunjung untuk kembali, meskipun pengalaman tersebut
mungkin belum sepenuhnya menarik secara langsung. Implikasi dari penelitian ini adalah
pentingnya bagi pengelola destinasi untuk meningkatkan kualitas digital marketing serta
menyempurnakan pengalaman wisata yang ditawarkan agar lebih dinamis dan berkesan.
Dengan berfokus pada kepuasan pengunjung sebagai penghubung antara strategi
pemasaran dan minat kunjung ulang, pengelola dapat menciptakan loyalitas pengunjung
yang lebih kuat. Strategi ini diharapkan mampu meningkatkan stabilitas jumlah
pengunjung, sehingga mendukung perkembangan pariwisata di Kabupaten Jember.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSusbiyani, ArikNIDN0728117101Dosen PembimbingSantoso, BudiNIDN0709107301
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Digital marketing dan experiential marketing, minat kunjung ulang, kepuasan pengunjung |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Shierley Aisyah | shierleymagister@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 05:00 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 05:00 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |