IDENTIFIKASI KEBERAGAMAN SERANGGA PADA AREA SAWAH ORGANIK BERDASARKAN VARIETAS PADI DI KABUPATEN JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA



Awalludin, Ahmad Rusdy (2025) IDENTIFIKASI KEBERAGAMAN SERANGGA PADA AREA SAWAH ORGANIK BERDASARKAN VARIETAS PADI DI KABUPATEN JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4. BAB 2.pdf] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB 3.pdf] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB 4.pdf] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB 5.pdf] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB 6.pdf] Text
8. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertanian yang ramah lingkungan merupakan pertanian yang menciptakan perpaduan dan keseimbangan lingkungan. Desa Rowosari yang terdapat di Kecamatan Sumberjambe merupakan tempat yang menjadi penanaman padi organik, hal ini karena didukung oleh kondisi alam yang mendukung dan juga
mayoritas penduduk di Desa tersebut adalah petani. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keanekaragaman serangga pada padi putih dan hitam, serta pengembangan bahan ajar berupa e-modul sebagai media pembelajaran Biologi SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilanjutkan
dengan penelitian pengembangan. Pengambilan sampel dilakukan selama 9
minggu, pada minggu ketiga, keenam, dan kesembilan, dengan interval 3 minggu
dan 3 kali pengulangan menggunakan yellow paint trap sebagai jebakan. Proses
identifikasi serangga dilakukan dengan cara mengamati bagian serangga di bawah
mikroskop dan mencocokkannya dengan literatur dari website genent.cals. Hasil
penelitian ini kemudian dikembangkan menjadi e-modul menggunakan 5 tahapan
ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Namun, penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap development saja.
Hasil penelitian didapatkan 10 famili serangga beserta INP yang paling
tinggi pada setiap minggunya (Indeks Nilai Penting) dimulai dari Tachinidae (INP
162,8499), Asilidae (INP 87,5), Hesperidae (INP 35,29412), Sphecidae (INP
26,38889), Halictidae (INP 23,74894), Ichneumonidae (INP 18,16239),
Chrysomelidae (INP 18,05556), Coccinellidae (INP 15), Syrphidae (INP
14,28571), dan Tipulidae (INP 14,28571). Hasil uji validasi bahan ajar validaor 1
mendapat hasil persentase 62,5%, Validator 2 69,3 %, Validator 3 83,3 %, dan
hasil rata-rata persentase sebesar 71,7% menyatakan bahwa e-modul tersebut
valid dan layak digunakan, diharapkan modul yang terlah dikembangkan dan telah
dilakukan uji validasi dapat diimplementasikan dan dievaluasi kedepannya.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Priantari, Ika
NIDN0715018301
Dosen Pembimbing
Afrida, Indah Rakhmawati
NIDN0024048001

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: keanekaragaman serangga, sawah organik, e-modul, biologi SMA.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ahmad Rusdy Awalludin | udinawall940@gmail.com
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:24
Last Modified: 30 Jan 2025 03:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23900

Actions (login required)

View Item View Item