(PEER REVIEW) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RME DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT
Fatqurhohman, Fatqurhohman (2025) (PEER REVIEW) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RME DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT. Pendidikan Matematika, FMIPA, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Text (Turnitin+Similarity)
Turnitin_2024_Pengembangan LKPD Berbasis RME Dengan Pendekatan Etnomatematika.pdf - Other Download (674kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan etnomatematika sebagai bahan ajar yang layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian mengacu pada pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluatio.. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah para peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo dengan total 121 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar angket validasi, lembar angket respon guru sebagai lembar penilaian kepraktisan dan lembar angket respon peserta didik sebagai lembar penilaian keefektifan dari LKPD yang dikembangkan. Hasil analisis data yaitu (1) hasil validasi dari 2 validator mengenai LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 3,85 dengan kategori valid, (2) hasil kepraktisan dari 2 guru mengenai LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 4,75 dengan kategori sangat praktis, (3) hasil keefektifan dari para peserta didik mengenai LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 4,551 dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan etnomatematika pada materi garis dan sudut layak digunakan
ContributionContributor NameNIDN/NIDKAuthorFatqurhohman, Fatqurhohman0711028602
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Pendidikan, Lembar Kerja Peserta Didik, Realistic Mathematics Education, Etnomatematika, ADDIE |
Subjects: | 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Fatqurhohman Fatqurhohman | frohman86@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 02:48 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 02:48 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23968 |
Actions (login required)
View Item |