Pengembangan Media Informasi Pemasaran Properti Menggunakan Teknologi Augmented Reality dengan Metode Markerbase Berbasis Android (Studi Kasus PT. Kinansyah Adi Jaya Land)

Nata, Boby Dwi Zondi (2018) Pengembangan Media Informasi Pemasaran Properti Menggunakan Teknologi Augmented Reality dengan Metode Markerbase Berbasis Android (Studi Kasus PT. Kinansyah Adi Jaya Land). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Marketing adalah kegiatan memasarkan hasil produksi perusahaan melalui berbagai cara, agar produk tersebut dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas. Saat ini untuk memasarkan perumahannya marketing PT. Kinansyah Adijaya Land menggunakan brosur sebagai pedoman untuk menyampaikan informasi terkait penawaran rumah. Dengan melalui media promosi tersebut dimana didalamnya yang berisi rancangan rumah dengan gambar 2D masih belum bisa untuk menyampaikan informasi secara penuh kepada konsumen dan juga di rasa kurang interaktif, dikarenakan kurangnya visualisai konsumen untuk memahami realisasi rumah yang akan dibangun nantinya. Untuk memecahkan masalah tersebut, maka diusulkan sebuah media pemasaran perumahan dengan konsep interaktif seperti media pemasaran digital Augmented Reality dengan menggunakan metode markerbase. Penerapan teknologi Augmented Reality ini bertujuan untuk menghasilkan Objek Tiga Dimensi (3D) rumah sesuai dengan brosur perumahan dan mengembangkan media promosi perumahan menggunakan teknologi Augmented Reality agar menjadi interaktif dan menarik. Aplikasi ini akan mengunakan 3 buah marker yang masing-masing marker memuat sebuah model tipe rumah. Marker tersebut akan dijadikan sebagai masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi objek 3 dimensi akan muncul tepat diatas marker sehingga seolah-olah model rumah tersebut nyata. Selain itu, aplikasi ini juga akan menampilkan detail dari rumah yang ditampilkan.Hasil uji coba aplikasi pada sistem android dapat berjalan dengan baik, sedangkan pada uji pendeteksian marker tidak ada pengaruh pada perubahan warna marker, marker tetap terdeteksi oleh kamera AR, serta jarak yang bisa menampilkan objek 3D dengan baik yakni antara 15cm – 60cm dan hasil uji coba pada kantor pemasaran perumahan Kaliurang Green Garden didapatkan hasil prosentase lebih dari 70% memilih tertarik menggunakan aplikasi yang telah diuji cobakan untuk pemilihan model perumahan Kaliurang Green Garden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Interaktif, Augmented Reality, Markerbase
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI55201#TEKNIK INFORMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMuharom, Lutfi AliUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSulistyo, Henny WahyuUNSPECIFIED
Date Deposited: 04 Oct 2019 09:13
Last Modified: 04 Oct 2019 09:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2400

Actions (login required)

View Item View Item