PENGARUH KEPERCAYAAN, BIAYA KULIAH, KUALITAS LAYANAN DAN EWOM TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember)



Fadhiah, Mashyita Sari (2025) PENGARUH KEPERCAYAAN, BIAYA KULIAH, KUALITAS LAYANAN DAN EWOM TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN] Text (PENDAHULUAN)
1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version

Download (652kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (375kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (546kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (532kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, biaya kuliah, kualitas layanan, dan electronic word of mouth (ulasan atau rekomendasi secara online) terhadap keputusan calon mahasiswa untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Jember. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah adanya perubahan jumlah mahasiswa baru yang berfluktuasi dan cenderung mengalami penurunan dari tahun ajaran 2021/2022 hingga 2024/2025. Oleh karena itu, penelitian ini membahas faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, seperti kepercayaan terhadap kampus, biaya kuliah yang harus dibayar, kualitas layanan yang diberikan, serta rekomendasi atau ulasan yang beredar di internet. Penelitian ini melibatkan 292 mahasiswa baru sebagai responden dari sembilan fakultas di Universitas Muhammadiyah Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan pendekatakan stratified random sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan (0,217), biaya kuliah (0,265), dan electronic word of mouth (0,129) memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Jember. Namun, kualitas layanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan karena nilai uji statistiknya tidak memenuhi kriteria yang ditentukan. Secara simultan keempat variabel tersebut berpengaruh secara simultan terhadap keputusan kuliah di Universitas Muhammadiyah Jember. Selain itu berdasarkan distribusi frekuensi jawaban, sebanyak 158 responden mendapatkan informasi melalui media sosial. Hal ini dapat menjadi langkah strategis bagi universitas untuk terus meningkatkan keempat variabel tersebut agar bisa meningkatkan minat
kuliah calon mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Setyowati, Trias
NIDN0727037202
Dosen Pembimbing
Wibowo, Yohanes Gunawan
NIDN0709068406

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kepercayaan, biaya kuliah, kualitas layanan, electronic word of mouth, keputusan kuliah.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 659 Advertising
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Masyitha Sari Fadhiah | masyitasrfadhiah@gmail.com
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:33
Last Modified: 18 Feb 2025 06:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24144

Actions (login required)

View Item View Item