Pengaruh Karakteristik Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Jember)

Ernawati, Dwi (2017) Pengaruh Karakteristik Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
BAB I - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

Informasi akuntansi dibutuhkan oleh manajemen untuk menyusun rencana kegiatan perusahaan dimasa yang akan datang terutama pada tahap penganalisaan konsekuensi tiap alternatif tindakan yang digunakan dalam pengambilan keputusan, sehingga memungkinkan memilih alternatif yang terbaik diantara alternatif tindakan yang dipertimbangkan. Realitanya saat ini tidak sedikit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang belum memahami, menyusun ataupun menggunakan informasi akuntansi. Banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada UKM salah satunya adalah pengetahuan akuntansi pemilik/manajer dan umur usaha. Selain itu terdapat pula faktor lingkungan yang tidak pasti yang dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh faktor-faktor tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor pengetahuan akuntansi dan umur usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi yang dimoderasi oleh faktor ketidakpastian lingkungan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah UKM yang mendaftarkan usahanya pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember tahun 2015. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling sebanyak 73 buah. Metode pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengetahuan akuntansi dan umur usaha berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi, sedangkan ketidakpastian lingkungan tidak terbukti memoderasi pengaruh pengetahuan akuntansi dan umur usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Informasi akuntansi, UKM, Pengetahuan akuntansi, Umur usaha, Ketidakpastian Lingkungan
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 28 May 2018 02:25
Last Modified: 05 Sep 2019 13:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item