Evaluasi Kondisi Lapis Kontruksi Perkerasan Jalan dengan Menggunakan Metode Bina Marga serta Analisa Finansial

Wicaksono, Adi (2019) Evaluasi Kondisi Lapis Kontruksi Perkerasan Jalan dengan Menggunakan Metode Bina Marga serta Analisa Finansial. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Proposal TA 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Proposal TA 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text
Proposal TA 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
Proposal TA 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Proposal TA 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka B.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Djurnal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jalan Raya mempunyai peranan penting dalam mewujudkan perkembangan kehidupan bangsa. Seiring dengan peningkatan pesat dalam intensitas aktifitas ekonomi yang semakin maju. Terutama banyak permasalahan pada kondisi jalan di daerah Kabupaten Jember. Secara umum penyebabnya adalah minimnya pemeliharaan dan beban lalu lintas yang terlalu berat. Dalam hal pembangangunannya jalan raya banyak menggunakan jalan aspal dan beton sebagai alternatif untuk mempermudah dan mengurangi biaya perawatan. Jalan yang dibangun pada ruas jalan alu-alun Rambipuji ternyata cukup efektif karena selain beton dapat memikul beban yang lebih besar dari sebelumnya dan dapat memperkecil berat kerusakan pada jalan tersebut.. Jalan beton (Rigid Pavement) cenderung lebih mahal dari pada jalan aspal (Flexibel pavement) yang selama ini menjadi metode utama dalam pembangunan kontruksi Jalan terutama jalan perkotaan. Pada kondisi lapangan dengan lebar jalan 10 meter dan panjang jalan 800 meter. Pada setiap tahap pembangunan kontruksi perkerasan jalan perlu di perhitungkan tebal yang di gunakan serta di analisa berapa tingkat biaya finansialnya. Sebelum itu perlu pengecekan atas kondisi pada bagian yang kurang memenuhi syarat sebagai jalan Provinsi. Hasil Evaluasi untuk kondisi volume kendaraan masuk dalam kategori kendaraan berat dan nilai PCI sebesar 32%. Solusi untuk penanganan jalan adalah dengan perencanaan Jalan beton (Rigid pavement) dan Jalan Aspal (Flexibel pavement) yang akan di bandingkan berapa besar biaya pembangunan dan biaya perawatan per tahunnya dalam jangka waktu 10 tahun kedepan. Pada perencanaan juga di bandingkan biaya finansialnya yang dapat disimpulkan untuk perkerasan kaku ditemukan biaya sebesar Rp 4,325,129,913 sedangkan untuk perkerasan kaku dengan biaya sebesar Rp. 4,608,466,283. Dari kedua perkerasan tersebut dapat di simpulkan lebih murah perencanaan pada perkerasan lentur (Flexibel Pavement) dengan selisih biaya sebesar Rp 283,336,370.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontruksi perkerasan jalan,analisa finansial, alun-alun rambipuji, kabupaten jember
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Adi Wicaksono
Date Deposited: 11 Oct 2019 01:30
Last Modified: 11 Oct 2019 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item View Item