(TABS) PENERAPAN METODE PENGAJARAN SQ3R DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VII di SMP



Doviani, Belva Yulvia (2025) (TABS) PENERAPAN METODE PENGAJARAN SQ3R DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VII di SMP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Penerapan Metode Pengajaran SQ3R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SMP] Text (Penerapan Metode Pengajaran SQ3R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SMP)
Belva Yulvia Doviani bendel.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of lembar pengesahan .pdf] Text
lembar pengesahan .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of PPT SEMPRO BELVA ready.pptx] Slideshow
PPT SEMPRO BELVA ready.pptx
Restricted to Repository staff only

Download (48MB) | Request a copy
Official URL: https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON

Abstract

Pada persiapan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pengajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII di SMPN 3 Ambulu. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan, yang disebabkan oleh kurangnya metode pembelajaran yang interaktif. Metode SQ3R dipilih karena pendekatannya yang sistematis dan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca. Perencanaan penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar, baik pre-test maupun post-test. Penerapan metode ini juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi membaca. Dengan demikian, metode SQ3R dapat direkomendasikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di tingkat sekolah menengah pertama.
KATA KUNCI: kemampuan membaca; pembelajaran; pemahaman teks; SQ3R

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Amilia, Fitri
nidn0725068501
Dosen Pembimbing
Yerry, Mijianti
nidn0709108101
Dosen Pembimbing
Citraningrum, Dina Merdeka
nidn0717088701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: TABS (Tugas Akhir Bukan Skripsi)
Keywords/Kata Kunci: kemampuan membaca; pembelajaran; pemahaman teks; SQ3R
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Belva Yulvia Doviani | belvayulvia2002@gmail.com
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:47
Last Modified: 25 Apr 2025 06:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24733

Actions (login required)

View Item View Item