PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN INFORMATION TECHNOLOGYTERHADAP LOYALITAS PASIEN MELALUI KEPUASAN PASIEN DI RS PERKEBUNAN JEMBER KLINIK
Rachmawati, Fitria Dwi (2025) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN INFORMATION TECHNOLOGYTERHADAP LOYALITAS PASIEN MELALUI KEPUASAN PASIEN DI RS PERKEBUNAN JEMBER KLINIK. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (661kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penurunan kunjungan pasien di RS Perkebunan Jember Klinik dari tahun 2020 hingga 2024 menunjukkan pentingnya mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pasien, khususnya peran Customer Relationship Management (CRM) dan Information Technology(IT) yang dimediasi oleh kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CRM dan IT terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien di RS Perkebunan Jember Klinik. Dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), data dikumpulkan dari 85 pasien yang dipilih melalui purposive sampling dari populasi sebanyak 550. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IT berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan CRM tidak. Selain itu, IT dan kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien, sementara CRM tidak. Kepuasan pasien memediasi hubungan antara IT dan loyalitas tetapi tidak memediasi hubungan antara CRM dan loyalitas.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingNursaid, Nursaidnidn0712036906Dosen PembimbingMartini, Ni Nyoman Putunidn0708036701
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | CRM, Information Technology, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Fitria Dwi Rachmawati | fitriadwi89@gmail.com |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:21 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |