PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN INFORMATION TECHNOLOGYTERHADAP LOYALITAS PASIEN MELALUI KEPUASAN PASIEN DI RS PERKEBUNAN JEMBER KLINIK



Rachmawati, Fitria Dwi (2025) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN INFORMATION TECHNOLOGYTERHADAP LOYALITAS PASIEN MELALUI KEPUASAN PASIEN DI RS PERKEBUNAN JEMBER KLINIK. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penurunan kunjungan pasien di RS Perkebunan Jember Klinik dari tahun 2020 hingga 2024 menunjukkan pentingnya mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pasien, khususnya peran Customer Relationship Management (CRM) dan Information Technology(IT) yang dimediasi oleh kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CRM dan IT terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien di RS Perkebunan Jember Klinik. Dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), data dikumpulkan dari 85 pasien yang dipilih melalui purposive sampling dari populasi sebanyak 550. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IT berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan CRM tidak. Selain itu, IT dan kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien, sementara CRM tidak. Kepuasan pasien memediasi hubungan antara IT dan loyalitas tetapi tidak memediasi hubungan antara CRM dan loyalitas.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nursaid, Nursaid
nidn0712036906
Dosen Pembimbing
Martini, Ni Nyoman Putu
nidn0708036701

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: CRM, Information Technology, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Fitria Dwi Rachmawati | fitriadwi89@gmail.com
Date Deposited: 08 May 2025 02:21
Last Modified: 08 May 2025 02:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24911

Actions (login required)

View Item View Item