DETERMINAN UPAYA MENCAPAI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Suryani, Yulita Erma (2025) DETERMINAN UPAYA MENCAPAI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman strategis dalam sektor layanan merupakan hal yang sangat penting, termasuk rumah sakit. Sektor layanan kesehatan harus beradaptasi dengan kebutuhan konsumen yang semakin cerdas, serta bagaimana peningkatan persaingan dan informasi mempengaruhi keputusan pasien (Subhan et al., 2023). Kesehatan telah menjadi bagian penting bagi masyarakat karena dengan kesehatan yang maksimal maka seseorang akan dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik. Peneliti ditujukan untuk meneliti faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember dalam hal imbalan jasa, Standar Operasional Prosedur dan Sarana Prasarana menjadi faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan keperawatan serta kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang menerima pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan Rumus Slovin sebanyak 230 responden dan diambil secara purposive sampling. Analisis data menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares) dengan alat statistik WARPPLS 7.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa standar operasional prosedur serta sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan, sedangkan imbalan jasa tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan. Imbalan jasa, standar operasional prosedur, serta sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Imbalan jasa dan standar operasional prosedur berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien sebagai variabel mediasi. Sedangkan, sarana dan prasarana tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien sebagai variabel mediasi. Dan, kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Herlambang, Toni
NIDN8931510021
Dosen Pembimbing
Thamrin, Mohammad
NIDN8931510021

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: imbalan jasa, standar operasional prosedur, sarana dan prasarana, kepuasan pasien, dan mutu pelayanan keperawatan
Subjects: 300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Yulita Erma Suryani | piotifar@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2025 06:46
Last Modified: 05 Jun 2025 06:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item