DETERMINAN UPAYA MENCAPAI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Suryani, Yulita Erma (2025) DETERMINAN UPAYA MENCAPAI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman strategis dalam sektor layanan merupakan hal yang sangat penting, termasuk rumah sakit. Sektor layanan kesehatan harus beradaptasi dengan kebutuhan konsumen yang semakin cerdas, serta bagaimana peningkatan persaingan dan informasi mempengaruhi keputusan pasien (Subhan et al., 2023). Kesehatan telah menjadi bagian penting bagi masyarakat karena dengan kesehatan yang maksimal maka seseorang akan dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik. Peneliti ditujukan untuk meneliti faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember dalam hal imbalan jasa, Standar Operasional Prosedur dan Sarana Prasarana menjadi faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan keperawatan serta kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang menerima pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan Rumus Slovin sebanyak 230 responden dan diambil secara purposive sampling. Analisis data menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares) dengan alat statistik WARPPLS 7.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa standar operasional prosedur serta sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan, sedangkan imbalan jasa tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan. Imbalan jasa, standar operasional prosedur, serta sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Imbalan jasa dan standar operasional prosedur berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien sebagai variabel mediasi. Sedangkan, sarana dan prasarana tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien sebagai variabel mediasi. Dan, kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan keperawatan
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHerlambang, ToniNIDN8931510021Dosen PembimbingThamrin, MohammadNIDN8931510021
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | imbalan jasa, standar operasional prosedur, sarana dan prasarana, kepuasan pasien, dan mutu pelayanan keperawatan |
Subjects: | 300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Yulita Erma Suryani | piotifar@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 06:46 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 06:48 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |