IMPLEMENTASI TRANSFORMASI TEKNOLOGI LAYANAN DAN PEMANFAATAN SARANA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI KECEPATAN LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING



SUWANDI, HIKMATUR RIZKA (2025) IMPLEMENTASI TRANSFORMASI TEKNOLOGI LAYANAN DAN PEMANFAATAN SARANA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI KECEPATAN LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. Pendahuluan.pdf] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of B. Abstrak.pdf] Text
B. Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of C. Bab 1..pdf] Text
C. Bab 1..pdf

Download (258kB)
[thumbnail of D. Bab 2..pdf] Text
D. Bab 2..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of E. Bab 3..pdf] Text
E. Bab 3..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of F. Bab 4..pdf] Text
F. Bab 4..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of G. Bab 5..pdf] Text
G. Bab 5..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of H. Daftar Pustaka.pdf] Text
H. Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of I. Lampiran.pdf] Text
I. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak transformasi teknologi, optimalisasi sarana, dan kecepatan layanan terhadap kualitas pelayanan dalam layanan pengujian kendaraan bermotor (uji kir). Penelitian ini menggunakan kombinasi dari teori Technology Acceptance Model (TAM), model Servqual, dan Resource-Based View (RBV) untuk mengkaji peran kecepatan layanan sebagai mediator dalam hubungan antara transformasi digital, pemanfaatan sarana dan kualitas pelayanan. Data dikumpulkan dari sampel 190 responden menggunakan survei, dan dianalisis melalui Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengidentifikasi hubungan sebab-akibat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) transformasi teknologi layanan dan pemanfaatan sarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecepatan layanan, (2) transformasi teknologi layanan, pemanfaatan sarana dan kecepatan layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, dan (3) transformasi teknologi layanan dan pemanfaatan sarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan melalui kecepatan layanan sebagai variable intervening. Studi ini berkontribusi pada literatur yang ada dengan memberikan bukti empiris yang menyoroti pentingnya mengintegrasikan teknologi dan mengoptimalkan sumber daya untuk mencapai kualitas layanan yang unggul di sektor pelayanan publik. Implikasi bagi penyedia layanan dan pembuat kebijakan termasuk perlunya investasi strategis dalam infrastruktur digital dan proses operasional yang efisien. Penelitian di masa depan harus mempertimbangkan untuk memeriksa sektor layanan publik lainnya dan mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi kualitas pelayanan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
MARTIINI, NI NYOMAN PUTU
nidn0708036701
Dosen Pembimbing
SETIAWAN, RIYANTO
NIDN#

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Transformasi teknologi, kualitas pelayanan, kecepatan layanan, optimalisasi sarana, transformasi digital
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: HIKMATUR RIZKA SUWANDI | rizkacute38@gmail.com
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:54
Last Modified: 24 Jun 2025 02:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item View Item