ANALISIS PENGARUH STRATEGI RETENSI PELANGGAN DAN STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP CUSTOMER LIFETIME VALUE DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA UKM FOOD AYAM GEPHOK PAK GHIEK DI JEMBER
JUARIYAH, SITI (2025) ANALISIS PENGARUH STRATEGI RETENSI PELANGGAN DAN STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP CUSTOMER LIFETIME VALUE DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA UKM FOOD AYAM GEPHOK PAK GHIEK DI JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh Strategi Retensi Pelanggan dan Strategi Diferensiasi terhadap Customer Lifetime Value (CLV) dan Loyalitas Pelanggan pada UKM Food Ayam Gephok Pak Ghiek di Jember. Latar belakang studi ini adalah persaingan industri kuliner yang sangat ketat di Jember, menuntut UMKM untuk fokus pada mempertahankan pelanggan selain menarik yang baru. Berlandaskan Resource-Advantage Theory (R-A Theory), penelitian ini melihat retensi dan diferensiasi sebagai kapabilitas strategis untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Tujuh rumusan masalah yang diteliti mencakup pengaruh langsung Strategi Retensi dan Diferensiasi terhadap CLV dan Loyalitas Pelanggan, serta pengaruh simultan dan mediasi CLV. Studi kasus ini berfokus pada Ayam Gephok Pak Ghiek, sebuah UMKM kuliner dengan rating tinggi yang telah lama beroperasi, sebagai representasi UMKM yang berhasil bertahan di tengah persaingan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan sampel Responden berjenis kelamin laki-laki dan perempuan Responden berusia 20 sampai 40 tahun Dari usia 20 sampai 45 berjumlah 100 responden di Kabupaten Jember yang dikumpulkan melalui kuesioner online. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis, terutama bagi UMKM kuliner di Jember, dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan nilai pelanggan seumur hidup dan membangun loyalitas yang kuat.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSANTOSO, BUDINIDN0709107301Dosen PembimbingHERMAWAN, HARISNIDN0710106801
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Strategi Retensi Pelanggan, Strategi Diferensiasi, Customer Lifetime Value (CLV), Loyalitas Pelanggan, UMKM Food, Ayam Gephok Pak Ghiek. |
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Siti juariyah | Dadidocancer@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:16 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:16 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |