ANALISIS PENGARUH STRATEGI RETENSI PELANGGAN DAN STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP CUSTOMER LIFETIME VALUE DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA UKM FOOD AYAM GEPHOK PAK GHIEK DI JEMBER



JUARIYAH, SITI (2025) ANALISIS PENGARUH STRATEGI RETENSI PELANGGAN DAN STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP CUSTOMER LIFETIME VALUE DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA UKM FOOD AYAM GEPHOK PAK GHIEK DI JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh Strategi Retensi Pelanggan dan Strategi Diferensiasi terhadap Customer Lifetime Value (CLV) dan Loyalitas Pelanggan pada UKM Food Ayam Gephok Pak Ghiek di Jember. Latar belakang studi ini adalah persaingan industri kuliner yang sangat ketat di Jember, menuntut UMKM untuk fokus pada mempertahankan pelanggan selain menarik yang baru. Berlandaskan Resource-Advantage Theory (R-A Theory), penelitian ini melihat retensi dan diferensiasi sebagai kapabilitas strategis untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Tujuh rumusan masalah yang diteliti mencakup pengaruh langsung Strategi Retensi dan Diferensiasi terhadap CLV dan Loyalitas Pelanggan, serta pengaruh simultan dan mediasi CLV. Studi kasus ini berfokus pada Ayam Gephok Pak Ghiek, sebuah UMKM kuliner dengan rating tinggi yang telah lama beroperasi, sebagai representasi UMKM yang berhasil bertahan di tengah persaingan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan sampel Responden berjenis kelamin laki-laki dan perempuan Responden berusia 20 sampai 40 tahun Dari usia 20 sampai 45 berjumlah 100 responden di Kabupaten Jember yang dikumpulkan melalui kuesioner online. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis, terutama bagi UMKM kuliner di Jember, dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan nilai pelanggan seumur hidup dan membangun loyalitas yang kuat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SANTOSO, BUDI
NIDN0709107301
Dosen Pembimbing
HERMAWAN, HARIS
NIDN0710106801

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Strategi Retensi Pelanggan, Strategi Diferensiasi, Customer Lifetime Value (CLV), Loyalitas Pelanggan, UMKM Food, Ayam Gephok Pak Ghiek.
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Siti juariyah | Dadidocancer@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:16
Last Modified: 07 Jul 2025 08:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25353

Actions (login required)

View Item View Item