Kajian Yuridis Tanggung Jawab Korporasi Atas Kebocoran Dana Milik Konsumen Pada Aplikasi Dana
Facrurozi, Maftuh (2025) Kajian Yuridis Tanggung Jawab Korporasi Atas Kebocoran Dana Milik Konsumen Pada Aplikasi Dana. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (944kB) |
Abstract
Teknologi dompet elektronik seperti DANA yang dikembangkan oleh PT.
Espay Debit Indonesia Koe (EDIK) memberikan kemudahan bertransaksi non-
tunai, namun risiko kebocoran dan peretasan data pribadi tetap ada, terbukti
dengan banyaknya pengaduan dari pengguna yang kehilangan dana tanpa
penyelesaian yang jelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis
normatif dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan
pendekatan kasus untuk menganalisis norma hukum yang berlaku. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa korporasi dalam hal ini PT. Espay Debit Indonesia
Koe bertanggung jawab atas kebocoran dana konsumen apabila terbukti lalai,
sebagaimana diatur dalam Pasal 1366 KUH Perdata. Penyelenggara Fintech
dikategorikan sebagai pengendali data pribadi yang wajib menjaga kerahasiaan
data menurut Pasal 36 UU PDP. Konsumen yang mengalami kerugian berhak
menuntut ganti rugi. Perlindungan hukum bagi konsumen diatur dalam Undang-
Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di Indonesia. Secara
spesifik, Pasal 19 ayat (1) menyatakan bahwa pelaku usaha bertanggung jawab
untuk memberikan ganti rugi kepada konsumen atas segala kerugian, pencemaran,
atau kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan barang dan/atau jasa yang
diproduksi atau diperdagangkannya. Ganti rugi ini dapat berupa berbagai bentuk,
termasuk pengembalian uang tunai, penggantian barang atau jasa dengan jenis
atau nilai yang sama, perawatan kesehatan, atau ganti rugi lain sesuai peraturan
perundang-undangan yang berlaku, sebagaimana tercantum dalam Pasal 23
Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Aplikasi DANA sendiri menyatakan
bahwa aplikasi ini dapat memulihkan saldo yang hilang jika terjadi pelanggaran
oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen Pembimbingsuryokencono, pramukhtikonidn0002096502
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | perlindungan hukum konsumen, pelanggaran data, kerugian konsumen |
Subjects: | 300 Social Science > 340 Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science (S1) |
Depositing User: | Maftuh Facrurozi | rossismala@gmail.com |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:07 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:07 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |