Kajian Yuridis Tanggung Jawab Korporasi Atas Kebocoran Dana Milik Konsumen Pada Aplikasi Dana



Facrurozi, Maftuh (2025) Kajian Yuridis Tanggung Jawab Korporasi Atas Kebocoran Dana Milik Konsumen Pada Aplikasi Dana. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (944kB)

Abstract

Teknologi dompet elektronik seperti DANA yang dikembangkan oleh PT.
Espay Debit Indonesia Koe (EDIK) memberikan kemudahan bertransaksi non-
tunai, namun risiko kebocoran dan peretasan data pribadi tetap ada, terbukti
dengan banyaknya pengaduan dari pengguna yang kehilangan dana tanpa
penyelesaian yang jelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis
normatif dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan
pendekatan kasus untuk menganalisis norma hukum yang berlaku. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa korporasi dalam hal ini PT. Espay Debit Indonesia
Koe bertanggung jawab atas kebocoran dana konsumen apabila terbukti lalai,
sebagaimana diatur dalam Pasal 1366 KUH Perdata. Penyelenggara Fintech
dikategorikan sebagai pengendali data pribadi yang wajib menjaga kerahasiaan
data menurut Pasal 36 UU PDP. Konsumen yang mengalami kerugian berhak
menuntut ganti rugi. Perlindungan hukum bagi konsumen diatur dalam Undang-
Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di Indonesia. Secara
spesifik, Pasal 19 ayat (1) menyatakan bahwa pelaku usaha bertanggung jawab
untuk memberikan ganti rugi kepada konsumen atas segala kerugian, pencemaran,
atau kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan barang dan/atau jasa yang
diproduksi atau diperdagangkannya. Ganti rugi ini dapat berupa berbagai bentuk,
termasuk pengembalian uang tunai, penggantian barang atau jasa dengan jenis
atau nilai yang sama, perawatan kesehatan, atau ganti rugi lain sesuai peraturan
perundang-undangan yang berlaku, sebagaimana tercantum dalam Pasal 23
Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Aplikasi DANA sendiri menyatakan
bahwa aplikasi ini dapat memulihkan saldo yang hilang jika terjadi pelanggaran
oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
suryokencono, pramukhtiko
nidn0002096502

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: perlindungan hukum konsumen, pelanggaran data, kerugian konsumen
Subjects: 300 Social Science > 340 Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Maftuh Facrurozi | rossismala@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:07
Last Modified: 29 Jul 2025 02:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25984

Actions (login required)

View Item View Item