PROTOTIPE SISTEM MONITORING POSISI KERETA SECARA REAL-TIME MENGGUNAKAN MODUL GPS DAN LORA UNTUK PENGENDALIAN PALANG PINTU OTOMATIS



ANANTA, NOIS SABILA SUKMA (2025) PROTOTIPE SISTEM MONITORING POSISI KERETA SECARA REAL-TIME MENGGUNAKAN MODUL GPS DAN LORA UNTUK PENGENDALIAN PALANG PINTU OTOMATIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Banyak perlintasan kereta api di Indonesia masih dioperasikan secara manual tanpa sistem otomatis, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan, terutama di wilayah yang tidak memiliki akses internet. Penelitian ini merancang dan mengimplementasikan prototipe sistem palang pintu otomatis berbasis sinyal radio menggunakan modul LoRa E32 dan GPS Neo-6M. Sistem terdiri atas unit pemancar yang dipasang pada kereta dan unit penerima yang dipasang pada palang pintu, dengan mikrokontroler ESP32 sebagai pusat pengendali. Sensor ultrasonik HC-SR04 digunakan untuk mendeteksi keberadaan hambatan di perlintasan, sedangkan motor servo dan buzzer digunakan sebagai aktuator dan sistem peringatan. Pengujian dilakukan secara fungsional dan kuantitatif, meliputi pengujian akurasi sensor, perhitungan jarak posisi kereta terhadap palang pintu menggunakan rumus Euclidean Distance, pengujian kekuatan sinyal menggunakan nilai RSSI (Received Signal Strength Indicator), pengukuran waktu delay transmisi data, serta analisis tingkat packet loss dalam kondisi Line of Sight (LOS). Hasil menunjukkan sistem mampu beroperasi secara stabil dengan jangkauan komunikasi hingga 800 meter, nilai rata-rata RSSI sebesar -26,36 dBm, waktu respons sistem kurang dari 2 detik, dan tingkat keberhasilan mencapai 100% pada seluruh skenario pengujian. Prototipe ini terbukti efektif meningkatkan keselamatan di perlintasan kereta, khususnya di wilayah yang tidak terjangkau jaringan internet.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
ARIYANI, SOFIA
NIDN0709126702
Dosen Pembimbing
RINTYARNA, BAGUS SETYA
NIDN0729017904

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Palang Otomatis, LoRa, GPS Neo-6M, Sensor Ultrasonik, ESP32.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 625 Railroad Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (S1)
Depositing User: NOIS SABILA SUKMA ANANTA | noissabila06@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:25
Last Modified: 29 Jul 2025 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25988

Actions (login required)

View Item View Item