Analisis Perilaku Sticky Cost dan Pengaruhnya terhadap Keakuratan Prediksi Laba

Firdaus, Ahmad (2019) Analisis Perilaku Sticky Cost dan Pengaruhnya terhadap Keakuratan Prediksi Laba. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN .pdf

Download (1MB)
[img] Text
J. ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
B. BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
C. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text
D BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
H. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
I. ARTIKEL .pdf

Download (695kB)

Abstract

Perusahaan yang memiliki perilaku sticky cost yang tinggi akan memperlihatkan penurunan laba yang besar ketika level aktivitas menurun dibandingkan dengan perusahaan yang sticky cost nya lebih kecil, hal ini dikarenakan kos yang lebih sticky dihasilkan dari penyesuaian kos yang lebih sedikit ketika level aktivitas menurun, karena penghematan kos lebih sedikit. Asumsi mendasar dalam akuntansi biaya adalah bahwa hubungan antara biaya dan volume akan simetris saat mengalami peningkatan atau penurunan. Dalam penelitian ini peneliti menyelidiki biaya yang dikatakan sticky. Biaya dikatakan sticky bila kenaikan biaya saat volume meningkat dan saat biaya menurun dengan jumlah yang sama. Regresi data panel merupakan metode regresi yang digunakan dalam penelitian ini. Regresi data panel merupakan gabungan antara data berkala (time series) dan data individual (cross section). Data panel juga biasa disebut data terkelompok (pooled data). Peneliti menemukan biaya administrasi dan umum dari 11 perusahaan selama 5 tahun berturut – turut mengalami peningkatan biaya rata – rata sebesar 0.476% per 1% peningkatan penjualan. Biaya pemasaran mengalami penurunan biaya rata – rata sebesar -0.54% per 1% peningkatan penjualan. Asset Intensity mengalami penurunan rata – rata -0.141% per 1% peningkatan penjualan. Dalam penelitian ini peneliti meneliti pengaruh perilaku “Asymmetric Cost” dalam memprediksi laba dengan menggunakan model cost variability and cost stickiness (CVCS). Peneliti mengindikasikan perilaku sticky cost mengurangi keakuratan laba sebesar 41.8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sticky cost, biaya, prediksi laba
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Users 156 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2019 09:27
Last Modified: 04 Nov 2019 09:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item