Pengaruh Edukasi Bencana Model Disaster Escape Room Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Dalam Menghadapi Erupsi Gunung Semeru
Islamy, Fikhih Wahyu (2025) Pengaruh Edukasi Bencana Model Disaster Escape Room Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Dalam Menghadapi Erupsi Gunung Semeru. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (824kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Erupsi Gunung Semeru merupakan ancaman nyata bagi masyarakat di sekitarnya, termasuk anak usia sekolah yang tergolong kelompok rentan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi bencana menggunakan model Disaster Escape Room terhadap pengetahuan dan sikap siswa dalam menghadapi erupsi Gunung Semeru di SMP Negeri 5 Candipuro. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX sebanyak 97 siswa, dan sampel diambil sebanyak 78 siswa melalui teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pengetahuan dan kuesioner sikap. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan signifikan pada pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi Disaster Escape Room dengan nilai p = 0,000 dan sikap siswa setelah diberikan edukasi Disaster Escape Room dengan nilai p = 0,000. Edukasi berbasis simulasi ini memberikan pengalaman belajar yang aktif, kontekstual, dan menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi erupsi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Disaster Escape Room merupakan metode edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesiapan bencana pada anak. Disarankan agar pendekatan ini diimplementasikan secara luas, khususnya di sekolah yang berada di wilayah rawan bencana, sebagai bagian dari promosi kesehatan dan perlindungan kelompok rentan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingAsih, Susi WahyuningNIDN0720097502UNSPECIFIEDAdriani, Sri WahyuniNIDN0703038801
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Edukasi Bencana, Disaster Escape Room, Pengetahuan, Sikap, Gunung Semeru, Kesiapsiagaan Anak |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 501 Philosopy and Theory of Nature Sciences > 507 Education, Research & Related Topics 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences > 551 Geology, Hydrology & Meteorology |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Fikhih Wahyu Islamy | fikhihwahyu017@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:51 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:51 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |