ANALISIS MUTU LAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN KOMPETENSI PETUGAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PUSKESMAS TAMAN KROCOK



WINDARTI, APRILIA (2025) ANALISIS MUTU LAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN KOMPETENSI PETUGAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PUSKESMAS TAMAN KROCOK. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan kesehatan bermutu dilaksanakan melalui penyediaan jaminan kesehatan, fasilitas
pelayanan kesehatan, dan infrastruktur pendukung lainnya hingga tingkat desa/kelurahan, serta
kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Penelitian dilakukan di Puskesmas
Taman Krocok Bondowoso dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh mutu
pelayanan dan sarana prasarana terhadap kepuasan pasien dengan dimediasi oleh kompetensi
petugas. Objek penelitian adalah warga masyarakat yang terdaftar sebagai pasien yang dirawat
inap di Puskesmas Taman Krocok. Penelitian dilakukan selama bulan Maret – Mei 2025.
Jumlah responden sebanyak 125 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mutu pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi petugas di Puskesmas Taman Krocok.
Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi petugas di Puskesmas
Taman Krocok. Mutu pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan
pasien rawat inap di Puskesmas Taman Krocok. Sarana prasarana berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Taman Krocok Bondowoso.
Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di
Puskesmas Taman Krocok Bondowoso. Mutu pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pasien rawat inap melalui kompetensi petugas Puskesmas Taman Krocok
Bondowoso. Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien
rawat inap melalui kompetensi petugas Puskesmas Taman Krocok.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
HERLAMBANG, TONI
NIDN0701016904
Dosen Pembimbing
SANOSRA, ABADI
NIDN0718077802

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: mutu pelayanan, sarana prasarana, kompetensi petugas, kepuasan pasien
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Aprilia Windarti Windarti | apriliaya2@gmail.com
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:00
Last Modified: 06 Aug 2025 08:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26353

Actions (login required)

View Item View Item