Sugiarto, Nanang (2018) Analisa Quality of Service (QOS) pada SMK Baitul Mukminin Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
Pendahuluan.pdf Download (547kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
jurnal.pdf Download (1MB) |
Abstract
Di Indonesia saat ini penggunaan internet di dominasi oleh sekolah-sekolah untuk menunjang aktifitas suatu sekolah yang di gunakan untuk pembelajaran dan ujian secara online. Dalam mendukung aktivitas pembelajaran dan ujian tersebut maka dibutuhkan jaringan yang stabil dalam pelaksanaanya sehingga perlunya pengukuran dan analisa pada jaringan internet supaya pada pelaksanaannya tidak terjadi hambatan dikarenakan lambatnya jaringan internet akibat tidak termanajemen dengan baik. Kualitas Layanan atau Quality of Service (QOS) merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan dan merupakan suatu usaha untuk mendefiniskan karakteristik dan sifat dari suatu servis. Mengacu pada dibuatnya layanan pembelajaran online dilingkungan SMK baitul mukminin bangsalsari jember yang memiliki 2 gedung dengan dua lantai dan 3 lab dan memiliki sekitar 240 siswa dan akan melakukan ujian secara online untuk yang pertama maka diperlukan pengukuran untuk mengetahui seberapa besar kualitas layanan yang harus dipenuhi. Pada tulisan ini, di bahas pngukuran dengan menggunakan 20 komputer berbeda yang ada pada lab SMK baitul mukminin. Dari hasil analisis pengukuran paramater QOS pada 20 komputer berbeda yang terdiri dari Packet Loss, Delay, Jitter dan Throughput maka di dapat nilai Quality of Service (QOS) pada jaringan SMK baitul mukminin dengan katagori “memuaskan” dari rata-rata Throughput 38% dengan katagori “sedang” Delay 113ms dengan katagori “sangat bagus” Jitter 11ms dengan katagori “bagus” dan packet loss 0% dengan katagori “sangat bagus” dan sudah memenuhi standart TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Network).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quality of Service, Internet, Packet Loss, Delay, Jitter, Throughput | |||||||||
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI55201#TEKNIK INFORMATIKA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nanang010794@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2019 03:11 | |||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2019 03:11 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2636 |
Actions (login required)
View Item |