(TABS) PENGARUH AKAD MURABAHAH DAN LOKASI TERHADAP PURCHASE INTENTION PERUMAHAN DI KABUPATEN JEMBER DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIBLE INTERVENING



CAHYADI, ADITYA (2025) (TABS) PENGARUH AKAD MURABAHAH DAN LOKASI TERHADAP PURCHASE INTENTION PERUMAHAN DI KABUPATEN JEMBER DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIBLE INTERVENING. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of LOA.pdf] Text
LOA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of PPT ARTIKEL.pptx] Slideshow
PPT ARTIKEL.pptx
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnal Aditya Cahyadi 2420414050.pdf] Text
Jurnal Aditya Cahyadi 2420414050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of Cover Jurnal Aditya Cahyadi 2420414050.pdf] Text
Cover Jurnal Aditya Cahyadi 2420414050.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh akad murabahah dan lokasi terhadap purchase intention perumahan di Kabupaten Jember dengan brand image sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen perumahan di Kabupaten Jember yang menggunakan pembiayaan syariah. Peneliti menggunakan metode proporsional random sampling dengan kriteria konsumen yang telah menggunakan akad murabahah untuk pembiayaan rumah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structual Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa akad murabahah dan Lokasi bepengaruh positif terhadap brand image. Akad murabahah dan Lokasi bepengaruh positif terhadap purchase intention. Brand image berpengaruh positif terhadap purchase intention. Akad murabahah dan Lokasi masing-masing bepengaruh positif terhadap purchase intention melalui brand image. Implikasi praktis penelitian ini yaitu pengembang perumahan dapat mempertimbangkan penggunaan akad murabahah sebagai alternatif pembiayaan untuk menarik konsumen yang lebih memilih transaksi sesuai dengan prinsip syariah. Novelty dalam penelitian yaitu brand image sebagai variabel intervening dikarenakan citra merek perusahaan sangat berdampak pada meningkatnya keputusan pembelian perumahan yang didukung dengan akad murabahah dan lokasi.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SANTOSO, BUDI
NIDN0709107301
Dosen Pembimbing
SETIAWAN SUHARSONO, RIYANTO
NIDN0729127201

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Norma subjektif, kontrol perilaku, sikap, niat beli, perilaku pembelian
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.2 Islamic Doctrinal Theology > 297.273 Islam and Economics
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: aditya cahyadi | rikocilumay@gmail.com
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:31
Last Modified: 13 Aug 2025 01:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26638

Actions (login required)

View Item View Item