DESAIN DAN ANALISIS CHASIS MOBIL LISTRIK 2KW TIPE TUBULAR MENGGUNAKAN SOFTWARE 3D SOLIDWORK 2020



PUTRA, KRISNA BUDI KUSUMA EKA (2025) DESAIN DAN ANALISIS CHASIS MOBIL LISTRIK 2KW TIPE TUBULAR MENGGUNAKAN SOFTWARE 3D SOLIDWORK 2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. pendahuluan.pdf] Text
1. pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 3. bab i.pdf] Text
3. bab i.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 4. bab ii.pdf] Text
4. bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. bab iii.pdf] Text
5. bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. bab iv.pdf] Text
6. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. bab v.pdf] Text
7. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. daftar pustaka.pdf] Text
8. daftar pustaka.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 9. lampiran.pdf] Text
9. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kendaraan listrik menjadi salah satu upaya strategis dalam menghadapi
krisis energi dan permasalahan lingkungan global akibat emisi gas rumah kaca. Studi
ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis struktur chasis mobil listrik berdaya
2 kW tipe tubular dengan menggunakan perangkat lunak SolidWorks 2020 berbasis
metode elemen hingga (Finite Element Analysis/FEA). Penelitian difokuskan pada dua
model desain chasis dan membandingkan kinerja tiga jenis material: Aluminium
A6061, Aluminium 6061-T6, dan Plain Carbon Steel terhadap tiga parameter utama,
yaitu tegangan (stress), perpindahan (displacement), dan faktor keamanan (Factor of
Safety/FOS). Simulasi pembebanan dilakukan berdasarkan regulasi Kompetisi Mobil
Listrik Indonesia (KMLI) tahun 2024. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain
kedua dengan material Aluminium 6061-T6 memberikan performa terbaik, dengan
nilai FOS mencapai 5,7, displacement maksimum 1,55 mm, dan tegangan maksimum
47.839 N/m². Material Plain Carbon Steel menunjukkan nilai displacement terendah
namun memiliki massa jenis lebih tinggi. Sebaliknya, seluruh material pada desain
pertama tidak memenuhi batas keamanan karena nilai FOS < 1. Dengan demikian,
desain chasis kedua berbahan Aluminium 6061-T6 direkomendasikan sebagai solusi
yang paling optimal dari segi kekuatan struktural, efisiensi massa, dan keselamatan,
serta sesuai untuk diterapkan dalam pengembangan kendaraan listrik kompetitif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Mufarida, Nely Nely Ana
NIDN0022047701
Dosen Pembimbing
Kosjoko, Kosjoko
NIDN0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Mobil listrik, chasis tubular, SolidWorks, Aluminium 6061-T6, stress, displacement, factor of safety.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Krisna Budi Kusuma Eka Putra | krisnabudi202@gmail.com
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:43
Last Modified: 13 Aug 2025 06:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26681

Actions (login required)

View Item View Item