PENGARUH KETIDAKSESUAIAN KEDALAMAN PONDASI DALAM PADA PELAKSANAAN DAN DED TERHADAP STABILITAS STRUKTUR ATAS (Studi Kasus : Pembangunan Gedung 5 Lantai Agribisnis Polije)
Prayogo, Prasetyo Eka (2025) PENGARUH KETIDAKSESUAIAN KEDALAMAN PONDASI DALAM PADA PELAKSANAAN DAN DED TERHADAP STABILITAS STRUKTUR ATAS (Studi Kasus : Pembangunan Gedung 5 Lantai Agribisnis Polije). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (954kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Pondasi terdalam merupakan faktor yang sangat krusial pada rangka bangunan bertingkat yang berfungsi untuk menyalurkan beban rangka terhadap permukaan tanah padat. Ketidaksesuaian antara derajat pondasi yang direncanakan pada Detail Engineering Design (DED) dengan kondisi aktual di lapangan dapat berdampak pada alinyemen rangka di atasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab ketidaksesuaian derajat pondasi, pengaruhnya terkait rangka di atasnya, dan solusi untuk memastikan rangka tetap stabil. Perancangan rangka dilakukan dengan menggunakan STAAD.Pro, berdasarkan data aktual derajat tiang pancang 11,05 meter hasil uji PDA. Hasil uji PDA menunjukkan bahwa simpangan pada sisi belakang berada di bawah batas terlindung (≤10 mm). Momen kritis punggung terluar pada struktur vertikal K2 mencapai 62,29 kNm, melebihi daya dukung maksimum awal (12 D16), namun setelah penambahan tumpuan menjadi 20 D22, daya dukung punggung maksimum meningkat menjadi 809,32 kNm dan struktur vertikal dinyatakan terlindungi. Dengan demikian, ketidaksesuaian derajat pondasi belakang dapat ditoleransi apabila penilaian temuan dan pemutakhiran dilakukan secara tepat.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingAlihudien, AriefNIDN0725097101Dosen PembimbingMuhtar, MuhtarNIDN0010067301
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | DED, Ketidaksesuaian Kedalaman, Pondasi Dalam, STAAD.Pro, Stabilitas Struktur |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | PRASETYO EKA PRAYOGO | prasetyoep799@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 01:36 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 01:36 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |