Implementasi Virtual Reality dalam Visualisasi Arsitektur Kampus menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) (TABS)
MUHAMMAD, HAFID HIDAYAT (2025) Implementasi Virtual Reality dalam Visualisasi Arsitektur Kampus menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) (TABS). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (966kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB1.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB2.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB3.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB5.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Promosi kampus merupakan langkah strategis dalam memperkenalkan identitas dan keunggulan sebuah perguruan tinggi kepada calon mahasiswa. Dalam era digital, pendekatan promosi yang inovatif dan imersif menjadi sangat penting untuk menarik perhatian generasi muda, khususnya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem visualisasi arsitektur kampus berbasis teknologi Virtual Reality (VR) sebagai media promosi Universitas Muhammadiyah kepada siswa. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang mencakup tahap inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, dan pasca-produksi. Model 3D bangunan kampus dirancang menggunakan Blender, kemudian diintegrasikan ke dalam Unity untuk menciptakan lingkungan interaktif berbasis VR. Fitur utama yang dikembangkan meliputi navigasi lingkungan virtual, visualisasi gedung kampus secara detail, penyajian informasi interaktif. Pengujian dilakukan menggunakan metode blackbox dan evaluasi usability berdasarkan aspek kemudahan penggunaan, kenyamanan navigasi, serta kualitas visual. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi VR ini mampu memberikan pengalaman eksplorasi kampus yang menarik, informatif, dan potensial dalam menarik minat calon mahasiswa.Dengan demikian, sistem visualisasi arsitektur kampus berbasis VR ini diharapkan menjadi media promosi yang efektif, menarik, dan modern dalam memperkenalkan Universitas Muhammadiyah ke kalangan pelajar.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHardian, OktaviantoNIDN0722108105Dosen PembimbingLutfi, Ali MuharomNIDN0727108202
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Virtual Reality, Visualisasi Kampus, Promosi Pendidikan, Game Development Life Cycle, Unity, Blender |
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | muhammad hafid hidayat | dayathapet@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 01:41 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 01:41 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |