Implementasi Virtual Reality dalam Visualisasi Arsitektur Kampus menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) (TABS)



MUHAMMAD, HAFID HIDAYAT (2025) Implementasi Virtual Reality dalam Visualisasi Arsitektur Kampus menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) (TABS). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (966kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of BAB1.pdf] Text
BAB1.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of BAB2.pdf] Text
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB3.pdf] Text
BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB4.pdf] Text
BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB5.pdf] Text
BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Promosi kampus merupakan langkah strategis dalam memperkenalkan identitas dan keunggulan sebuah perguruan tinggi kepada calon mahasiswa. Dalam era digital, pendekatan promosi yang inovatif dan imersif menjadi sangat penting untuk menarik perhatian generasi muda, khususnya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem visualisasi arsitektur kampus berbasis teknologi Virtual Reality (VR) sebagai media promosi Universitas Muhammadiyah kepada siswa. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang mencakup tahap inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, dan pasca-produksi. Model 3D bangunan kampus dirancang menggunakan Blender, kemudian diintegrasikan ke dalam Unity untuk menciptakan lingkungan interaktif berbasis VR. Fitur utama yang dikembangkan meliputi navigasi lingkungan virtual, visualisasi gedung kampus secara detail, penyajian informasi interaktif. Pengujian dilakukan menggunakan metode blackbox dan evaluasi usability berdasarkan aspek kemudahan penggunaan, kenyamanan navigasi, serta kualitas visual. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi VR ini mampu memberikan pengalaman eksplorasi kampus yang menarik, informatif, dan potensial dalam menarik minat calon mahasiswa.Dengan demikian, sistem visualisasi arsitektur kampus berbasis VR ini diharapkan menjadi media promosi yang efektif, menarik, dan modern dalam memperkenalkan Universitas Muhammadiyah ke kalangan pelajar.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Hardian, Oktavianto
NIDN0722108105
Dosen Pembimbing
Lutfi, Ali Muharom
NIDN0727108202

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Virtual Reality, Visualisasi Kampus, Promosi Pendidikan, Game Development Life Cycle, Unity, Blender
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: muhammad hafid hidayat | dayathapet@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:41
Last Modified: 19 Aug 2025 01:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26867

Actions (login required)

View Item View Item