PENGARUH KESADARAN MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION THRIFTING DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Live Shopee GalleryDNA)
Rahayuningtyas, Dwi Besti (2025) PENGARUH KESADARAN MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION THRIFTING DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Live Shopee GalleryDNA). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. Pendahuluan.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
B. Abstrak.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
C. Bab 1.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
D. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. Daftar Pustaka.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
I. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian fashion thrifting dengan minat pembelian sebagai variabel intervening pada konsumen Live Shopee GalleryDNA. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian mencakup 30.000 pengikut akun Shopee GalleryDNA, dengan sampel sebanyak 140 responden yang ditentukan berdasarkan jumlah indikator penelitian (14 indikator × 10 responden per indikator) menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui aplikasi Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian dan keputusan pembelian, sedangkan kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap minat dan keputusan pembelian secara langsung. Minat pembelian berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun pengaruh kesadaran merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian melalui minat pembelian tidak signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengaruh variabel independen terhadap keputusan pembelian lebih kuat terjadi secara langsung dibandingkan melalui jalur mediasi minat pembelian. Secara praktis, hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku usaha fashion thrifting, khususnya GalleryDNA, untuk mengoptimalkan strategi pemasaran melalui citra merek yang konsisten dan penyesuaian dengan gaya hidup target pasar di platform Shopee Live. Bagi pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian ini memperluas literatur tentang perilaku konsumen di sektor fashion thrifting dalam konteks e-commerce live streaming, serta memberikan kontribusi metodologis melalui pengujian empiris peran variabel mediasi minat pembelian.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSantoso, BudiNIDN0709107301Dosen PembimbingZakiyyah, Amalina MaryamNIDN0727058705
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | kesadaran merek, gaya hidup, minat pembelian, keputusan pembelian, fashion thrifting, Shopee Live |
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Dwi Besti Rahayuningtyas | rahayubesti@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:25 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 06:31 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |