ANALISIS KUALITAS LAYANAN ANTENATALCARE (ANC) DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN (Studi Pada Ibu Hamil di Puskesmas Se-Kabupaten Jember)



AHMAD, SRI ISNA AMELIA (2025) ANALISIS KUALITAS LAYANAN ANTENATALCARE (ANC) DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN (Studi Pada Ibu Hamil di Puskesmas Se-Kabupaten Jember). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pasien merupakan cerminan penilaian pasien terhadap sejauh mana mereka puas
dengan pengalaman perawatan mereka di berbagai domain perawatan kesehatan. Penelitian
ini menguji dan menganalisis kualitas layanan antenatal care dan fasilitas layanan terhadap
kepuasan pasien melalui kompetensi tenaga kesehatan pada ibu hamil di Puskesmas SeKabupaten Jember. Populasi pada penelitian ini adalah ibu hamil trimester 3 di Puskesmas seKabupaten Jember dengan melibatkan sebanyak 3.856 partisipan dengan jumlah sampel
sebanyak 255 partisipan yang ditentukan menggunakan teknik probability proportional
sampling. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode berbasis Structural
Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan program SmartPLS 3. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan antenatal care berpengaruh positif terhadap
kepuasan pasien, kualitas layanan antenatal care berpengaruh positif terhadap kompetensi
tenaga kesehatan, fasilitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, fasilitas
layanan berpengaruh positif terhadap kompetensi tenaga kesehatan, kompetensi tenaga
kesehatan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, kualitas layanan antenatal care
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien yang dimediasi oleh kompetensi tenaga
kesehatan, fasilitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien yang dimediasi
oleh kompetensi tenaga kesehatan. Untuk memberikan perawatan berkualitas tinggi, penyedia
layanan harus mengenali dan menghormati kebutuhan, sikap, dan kekhawatiran klien
pemahaman ini penting untuk meningkatkan kepuasan klien

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Supeni, Retno Endah
nidn#
Dosen Pembimbing
Martini, Ni Nyoman Putu
nidn#

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: kualitas layanan, antenatal care, fasilitas layanan, kepuasan pasien, kompetensi tenaga kesehatan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 651 Office Services
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Sri Isna Amelia A | isnaamelia@gmail.com
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:22
Last Modified: 20 Aug 2025 04:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27088

Actions (login required)

View Item View Item