ANALISIS KUALITAS LAYANAN ANTENATALCARE (ANC) DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN (Studi Pada Ibu Hamil di Puskesmas Se-Kabupaten Jember)
AHMAD, SRI ISNA AMELIA (2025) ANALISIS KUALITAS LAYANAN ANTENATALCARE (ANC) DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN (Studi Pada Ibu Hamil di Puskesmas Se-Kabupaten Jember). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pasien merupakan cerminan penilaian pasien terhadap sejauh mana mereka puas
dengan pengalaman perawatan mereka di berbagai domain perawatan kesehatan. Penelitian
ini menguji dan menganalisis kualitas layanan antenatal care dan fasilitas layanan terhadap
kepuasan pasien melalui kompetensi tenaga kesehatan pada ibu hamil di Puskesmas SeKabupaten Jember. Populasi pada penelitian ini adalah ibu hamil trimester 3 di Puskesmas seKabupaten Jember dengan melibatkan sebanyak 3.856 partisipan dengan jumlah sampel
sebanyak 255 partisipan yang ditentukan menggunakan teknik probability proportional
sampling. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode berbasis Structural
Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan program SmartPLS 3. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan antenatal care berpengaruh positif terhadap
kepuasan pasien, kualitas layanan antenatal care berpengaruh positif terhadap kompetensi
tenaga kesehatan, fasilitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, fasilitas
layanan berpengaruh positif terhadap kompetensi tenaga kesehatan, kompetensi tenaga
kesehatan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, kualitas layanan antenatal care
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien yang dimediasi oleh kompetensi tenaga
kesehatan, fasilitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien yang dimediasi
oleh kompetensi tenaga kesehatan. Untuk memberikan perawatan berkualitas tinggi, penyedia
layanan harus mengenali dan menghormati kebutuhan, sikap, dan kekhawatiran klien
pemahaman ini penting untuk meningkatkan kepuasan klien
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSupeni, Retno Endahnidn#Dosen PembimbingMartini, Ni Nyoman Putunidn#
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | kualitas layanan, antenatal care, fasilitas layanan, kepuasan pasien, kompetensi tenaga kesehatan |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 651 Office Services |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Sri Isna Amelia A | isnaamelia@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:22 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:22 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27088 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |