studi perencanaan struktur overpass pada persimpangan 4 mangli-jember dalam arangka mengatasi kemacetan lalu lintas
FAROQI, HUSNI DITO (2025) studi perencanaan struktur overpass pada persimpangan 4 mangli-jember dalam arangka mengatasi kemacetan lalu lintas. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (881kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) | Request a copy |
Abstract
Negara Indonesia adalah negara yang menduduki urutan ke-30 yang dijuluki negara
termacet di dunia. Permasalahan tersebut disebabkan pertumbuhan penduduk yang
sangat pesat dan berada di perkotaan. Khususnya pada permasalahan kemacetan
pemerintah harus turun tangan agar pada daerah yang terjadi kemacetan segera teratasi.
Overpass merupakan salah satu penyelesaian masalah kemacetan lalu lintas dan juga
sebagai penunjang kebutuhan masyarakat Indonesia. Sarana transportasi tidak boleh
dipandang rendah, oleh karena itu tujuan dibangunnya Overpass sebagai pendukung
perkembangan ekonomi masyarakat. Tujuan pada penelitian tersebut guna mengatasi
kemacetan lalu lintas yang berada pada simpang 4 Mangli-Jember. Perencanaan
Overpass berfungsi sebagai jalur perlintasn kendaraan bermotor, roda empat atau lebih
dengan dua jalur satu lajur dan dua arah. Pembangunan Overpass memerlukan
perencanaan yang sangat baik dalam bidang rekayasa dan juga menggunakan bahan
material yang kuat, ekonomis, dan mudah digunakan. Metode penelitian yang saya
gunakan adalah yang pertama melakukan survei volume lalu lintas (LHR) pada
persimpangan 4 Mangli dengan menggunakan aplikasi Traffic Counting, yang kedua
melakukan uji tes DCPT pada persimpangan 4 Mangli untuk mendapatkan kekuatan
tanah dasar (CBR), dan yang terakhir melakukan perhitungan pada stabilitas dinding
penahan tanah. Hasil dari penelitian menunjukkan perencanaan pembangunan Overpass
yang efisien dan aman sebagai memfasilitasi lalu lintas yang sangat padat ialah dari tata
letak lokasi pembangunan Overpass dimana memiliki nilai LOS (Level Of Service) 1,61
yang dimana nilai tersebut melebihi kapasitas sehingga pada daerah tersebut layak
direncanakan pembanguna Overpass. Agar dapat menangani beban lalu lintas yang
beragam pada kontruksi Overpass menggunakan beton prategang. Data kontruksi
Overpass memilki bentang 50 m, lebar 8 m, lebar jalur 2 x 2,5m, trotoar 2 x 1m, lebar
pagar beton 2 x 50cm, dan lebar median 1 m. Perencanaan Overpass menggunakan
pondasi tapak yang dimana ukuran lebar atas 0,40 m, Lebar bawah 3,90 m, tinggi
pondasi 1,00 m dan tinggi dinding pondasi 5,20 m.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingKURYANTO, TOTOK DWInidn0013086602Dosen PembimbingHAMDUWIBAWA, ROFI BUDInidn0008057802
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Beton Prategang; Kemacetan; Transportasi; Overpass Volume lalu lintas. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Husni Dito Faroqi | husniditofaroqi@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:53 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 01:53 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |