HUBUNGAN ADAPTABILITAS DAN STRES PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI DI KABUPATEN JEMBER
SYAFIRA, SHALEHA RESTI (2025) HUBUNGAN ADAPTABILITAS DAN STRES PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) menghadapi tantangan unik dalam
mendidik anak berkebutuhan khusus yang berpotensi menyebabkan tingkat
stres tinggi, termasuk beban kerja berat dan karakteristik siswa yang
kompleks. Dalam kondisi ini, adaptabilitas menjadi faktor penting yang
menentukan
bagaimana guru merespons berbagai perubahan,
ketidakpastian, dan dinamika lingkungan sekolah. Adaptabilitas mencakup
kemampuan kognitif, perilaku, dan emosional untuk menyesuaikan diri
secara fleksibel terhadap tuntutan pekerjaan, sehingga berfungsi sebagai
faktor protektif terhadap stres. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
hubungan antara adaptabilitas dan stres pada guru SLB Negeri di Kabupaten
Jember. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan
melibatkan 64 guru. Instrumen penelitian terdiri dari Skala Adaptability (α
= 0,844) dan Skala Stres yaitu Perceived Stress Scale versi 10 item (PSS
10) (α = 0,761). Analisis data dilakukan menggunakan teknik korelasi
Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan
negatif yang signifikan antara adaptabilitas dan stres guru (r = -0,445; p <
0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang
sangat signifikan antara adaptabilitas dan stres. Dengan demikian, hipotesis
penelitian diterima. Semakin tinggi tingkat adaptabilitas seorang guru SLB,
semakin rendah tingkat stres yang dialaminya, dan sebaliknya.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingRAHMANAWATI, FESTA YUMPINIDN0702096401Dosen PembimbingLINSIYA, RIA WIYATFINIDN0719019204
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Adaptabilitas, Guru, Sekolah Luar Biasa (SLB), Stres |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Shaleha Resti Syafira | shaleharestisyafira12@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 02:09 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |