PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER
Dewi, Alfina Fitria (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1510211010 Alfina Fitria Dewi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum 2013 terdapat beberapa penyempurnaan dari KTSP yaitu
penyempurnaan pola pikir. Salah satu penyempurnaan pola pikir adalah
pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari serta menjadi
pembelajaran berfikir kritis. Siswa SMA dalam pembelajaran biologi harus dapat
mengajukan sebuah hipotesis, mengamati, mengumpulkan, mengolah,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Proses belajar yang baik apabila guru
dapat menerapkan kegiatan belajar yang dapat mengembangkan keterampilan
berfikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran yang tepat.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di
MAN 2 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di
MAN 2 Jember.
Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Jember pada tanggal 18 April 2019,
penelitian dilakukan di kelas X IPA I dan IPA II. Jenis penelitian merupakan
eksperimen kuasi, dengan teknik pengumpulan data meliputi: wawancara,
observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji Kruskal Wallis Test untuk pengujian
hipotesis.
Berdasarkan hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa probilitas
adalah 0,00 < α = 0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan
model pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa
di kelas X IPA II MAN 2 Jember. Hasil data ini dilihat dari perbedaan nilai rata
rata soal posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu pada kelas
kontrol memperoleh rata-rata sebesar 77,47 dan kelas eksperimen sebesar 82
untuk hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk
kemampuan berfikir kritis siswa kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar
71,23 dan kelas eksperimen sebesar 79,3.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingMunandar, Kukuhnidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain), Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:06 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/28062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |