Pengaruh Diameter Porting Silinder Head terhadap Performa Motor 4 Tak 100 CC Tipe SOHC (Single Over Head Chamshaf)

Yodistyawan, Bagus (2018) Pengaruh Diameter Porting Silinder Head terhadap Performa Motor 4 Tak 100 CC Tipe SOHC (Single Over Head Chamshaf). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. Halaman judul ( i ).pdf

Download (53kB)
[img] Text
12. Abstrak ( xiv ).pdf

Download (34kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (38kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (679kB)

Abstract

Performa mesin motor bensin dapat ditingkatkan dengan cara memperpanjang langkah torak, memperbesar diameter torak, mengubah inlet port dan outlet port menaikkan kompresi pada ruang bakar, atau mengubah waktu pembukaan port silinder. Untuk meningkatkan performa mesin tersebut dengan cara : meningkatkan volume udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar jadi bertambah besar dan lebih bebas hambatan dapat dilakukan dengan cara porting yaitu membentuk kembali lubang intake dan exhaust cylinder head. Penelitian dengan diameter porting in (saluran masuk) dan porting ex (saluran buang) dengan diameter standart. (In 5, 46 mm & Ex 5, 44 mm). Penelitian dengan diameter porting in (saluran masuk) dan porting ex (saluran buang) dengan diameter variasi 1 (In 5, 96 mm & Ex 5, 94 mm). Penelitian dengan diameter porting in (saluran masuk) dan porting ex (saluran buang) dengan diameter variasi 2. (In 6, 46 mm & Ex 6, 44 mm). Variabel bebas adalah variabel yang menjadi sebab berubahnya variabel control yaitu daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik. Dari data hasil dan pembahasan performa motor 4 tak 100 cc dengan variasi silinder head porting yang telah dilakukan uji, dapat disimpulkan bahwa torsi tertinggi terdapat pada silinder head porting variasi 1 yaitu dengan nilai rata - rata (5,59N.m) dan torsi terendah pada silinder head standar dengan nilai rata - rata (3,85 N.m). Daya tertinggi terdapat pada silinder head variasi 1 dengan nilai rata – rata (5.0Hp) dan nilai rata – rata terendah (4.3Hp) pada silinder head standart. Untuk nilai konsumsi bahan bakar yang optimum pada tiap silinder head terdapat pada putaran mesin 5000 rpm. Silinder head dengan variasi 1 mempunyai nilai daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibanding silinder head standart dan variasi 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: porting silinder head, daya, torsi, konsumsi bahan bakar
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI21201#TEKNIK MESIN" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMufarida, Nely Ananidn0022047701
UNSPECIFIEDKosjoko, Kosjokonidn0715126901
Date Deposited: 25 Nov 2019 01:52
Last Modified: 25 Nov 2019 01:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item