(Peer Review) Discovery Learning in the Process of learning English through Video Game

Hanafi, Hanafi (2018) (Peer Review) Discovery Learning in the Process of learning English through Video Game. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA).

[img] Text
Artikel007 Hanafi Peer Reviewer.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbahasa adalah kemampuan untuk memahami bahasa reseptif dan ekspresif menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Di Indonesia, Bahasa Inggris digunakan sebagai Bahasa Asing. Penguasaan Bahasa Inggris sangat penting mengingat penggunaannya sebagai alat komunikasi sangatlah luas dan meningkat. Proses belajar Bahasa Inggris secara umum ada 2 (dua) cara yaitu cara formal dan cara informal. Cara formal biasanya dilaksanakan di sekolah, di dalam kelas. Sedangkan cara informal biasanya dilakukan dengan gadget, internet HP, video game, atau belajar Bahasa Inggris pada situasi yang sebenarnya. Penelitian ini berfokus pada penggunaan Discovery Learning untuk proses belajar Bahasa Inggris pada remaja melalui Video Game. Discovery learning merupakan salah satu cara belajar Bahasa Inggris yang efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan cara yang relatif tidak membosankan dan memberikan peluang yang besar pada remaja untuk sukses dalam penguasaan Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini masalah yang diteliti adalah bagaimana Discovery Learning terjadi pada proses belajar Bahasa Inggris melalui video game pada remaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan model studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memang terjadi discovery learning pada proses Belajar Bahasa Inggris melalui video game tanpa disadari oleh pemainnya. Mereka secara aktif melakukan discovery learning yang membuat mereka aktif mempelajari berbagai sumber dalam Bahasa Inggris terkait dengan game yang mereka mainkan. Apabila tidak digunakan secara berlebihan, game bisa dijadikan sarana belajar Bahasa Inggris karena bisa memberikan stimulasi-stimulasi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pemainnya sekaligus memberikan hiburan ditengah banyaknnya tekanan akademik yang mereka tanggung..

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Video Games, Gadget
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English, Anglo-Saxon
600 Technology and Applied Science
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hanafi Hanafi
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:10
Last Modified: 25 Nov 2019 04:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item View Item