Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Computer Based Test (CBT) Menggunakan Aplikasi Google Form untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hariri, Achmad (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Computer Based Test (CBT) Menggunakan Aplikasi Google Form untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (490kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (274kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran di dalam kelas guru cenderung monoton sehingga membuat peserta didik menjadi bosan. Oleh sebab itu, dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan diharapkan mampu membuat peserta didik dalam pembelajaran lebih termotivasi serta aktif sehingga peserta didik dapat meningkatkan prestasi dalam belajar. Memasuki era 4.0 guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi salah satunya yaitu Computer Based Test (CBT). Peserta didik diharapkan mampu beradaptasi dengan pembelajaran yang berhubungan dengan teknologi sehingga peserta didik lebih terbiasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Computer Based Test (CBT) sebagai bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Peneliti menggunakan model 4D yang diungkapkan oleh Thiagarajan dan Semmel tahun 1974 yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (desseminate). Jenis data yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitaf. Instrumen dalam penelitian adalah lembar penilaian ahli, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 15 Juli 2019 bertempat di SMP Negeri 10 Jember. Sasaran pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Jember. Berdasarkan hasil penelitian data tes hasil belajat dapat disimpulkan bahwa tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi uang dicapai sebanyak 91% yang artinya LKPD berbasis CBT yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan oleh peserta didik dan dinyatakan efektif. LKPD dinyatakan baik dengan mendapat perlakuan Tanpa Uji Coba Kembali dan mendapat nilai persentase sebanyak 81%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga LKPD berbasis CBT menggunakan aplikasi google form sudah memenuhi tiga kriteria penilaian yaitu kevalidan, keefektifan, kepraktisan dan dinyatakan berhasil atau layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Computer Based Test (CBT), Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Achmad Hariri
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:04
Last Modified: 06 Feb 2020 03:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item