Amilia, Fitri (2017) (Similarity) Optimalisasi Kompetensi Literasi bagi Aparat Desa Guna Menuju Desa Mandiri dan Berwirausaha. Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
OPTIMALISASI KOMPOTENSI LITERASI BAGI APARAT DESA GUNA MENUJU DESA MANDIRI YANG BERWIRAUSAHA (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
Desa merupakan bagian penting dari suatu pemerintahan negara. Di desa, masyarakat tinggal dengan sesungguhnya dengan segala aktivitasnya. Dari desa akan terbangun ekonomi dasar yang bisa menjadi kuat dan bertahan. Hal tersebut terbukti saat krisis dunia menjelang abad 20-an, ekonomi pedesaan yang teraktualisasi dalam pasar tradisional tetap menunjukkan kekuatannya. Hal itu mengisyaratkan bahwa peran desa tidak bisa dianggap remeh. Dalam kemajuan zaman di era teknologi, informasi, dan komunikasi ini peran desa selayaknya juga terus dikuatkan dan ditingkatkan. Bukan hanya pada masyaratnya namun juga pada para aparatnya. Dalam rangka menyikapi kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi ini perlu peningkatan kompetensi literasi baik pada tataran literasi administrasi maupun literasi informasi dan komunikasi. Melalui kegiatan Abdimas ini, aparat dan masyarakat desa dibekali dengan skill literasi administrasi, informasi, dan komunikasi. Literasi administrasi menguatkan kompetensi menulis surat. Literasi informasi dan komunikasi mengenalkan dan menguatkan kompetensi mengirim dan menerima email dan juga blogspot. Melalui kompetensi ini, diharapkan saluran komunikasi dan pencarian informasi bisa berjalan dengan baik, cepat, efisien, dan tepat sasaran.
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi administasi, literasi informasi, literasi komunikasi |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | Amilia Fitri |
Contact Email Address: | fitriamilia@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:54 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 07:54 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3006 |
Actions (login required)
View Item |