Pengembangan Teks Melalui Pembelajaran Kontekstual

Amilia, Fitri (2017) Pengembangan Teks Melalui Pembelajaran Kontekstual. In: Seminar Nasional: Bahasa Sastra dalam Konteks Global.

This is the latest version of this item.

[img] Text
cover, artikel, sertifikat pengembangan teks.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran dapat disebut berbasis teks apabila teks menjadi dasar kegiatan pembelajaran. Pengertian teks mengacu pada semua wacana tulis dan lisan yang bersumber dari ungkapan pikiran manusia. Setiap teks memiliki tugas untuk menyampaikan pesan yang dipengaruhi oleh konteksnya. Konteks mengacu pada segala sesuatu yang ada dalam diri pebelajar dalam lingkungannya. Karena teks selalu berhubungan dengan konteksnya, maka pendekatan yang bisa dipakai adalah pembelajaran kontekstual. Pembelajaran teks melalui pendekatan kontekstual akan memudahkan pencapaian standar kompetensi. Melalui latar belakang kehidupan pebelajar, teks dapat disajikan, dianalisis, sampai dikembangkan. Di Indonesia, terdapat berbagai perbedaan budaya, bahasa, sistem sosial, ekonomi dan lainnya. Perbedaan ini akan menuntut teks yang berbeda. Teks akan berbeda antardaerah (bahkan antarsekolah) bergantung pada konteks pebelajarnya. Kondisi ideal seperti ini belum sepenuhnya ditemukan dalam penerapan kurikulum pendidikan 2013 pada pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukan pengembangan teks pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan konteksnya, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran teks. Capaian tersebut bisa terealisasi dengan pendekatan pembelajaran kontekstual.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, teks, konteks, kontekstual
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Amilia Fitri
Date Deposited: 09 Dec 2019 02:05
Last Modified: 09 Dec 2019 02:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3049

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item