Utomo, Sulton Hari Satrio (2018) Pengaruh Catalytic Converter Tembaga (Cu) terhadap Konsentrasi Gas Karbon Monoksida (CO) dan Hidro Karbon (HC) pada Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah 125 CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (94kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (599kB) |
Abstract
Semakin meningkatnya pertumbuhan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi berdampak pada semakin meningkatnya pencemaran udara. Pencemaran udara dari kendaraan bermotor yang melebihi ambang batas akan mengakibatkan gangguan kesehatan hingga kematian dalam kasus tertentu. Hai ini dikarenakan emisi gas buang kendaraan bermotor mengandung polutan berbahaya diantaranya gas karbon monoksida (CO) dan hidro karbon (HC). Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor adalah catalytic converter yang dipasang pada saluran gas buang (knalpot) kendaraan bermotor. Catalytic converter adalah alat yang berfungsi untuk menurunkan emisi HC dan CO dengan menggunakan katalis oksidasi, dan NOX dengan katalis reduksi. Pada umumnya catalytic converter terbuat dari logam katalis platinum, rhodium, dan palladium yang merupakan jenis logam mulia dengan harga yang mahal serta ketersediannya cukup terbatas. Salah satu bahan alternatif yang dapat digunakan sebagai katalis adalah tembaga (Cu). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan catalytic converter dengan katalis berbahan tembaga (Cu) terhadap konsentrasi gas karbon monoksida (CO) dan hidro karbon (HC) pada gas buang sepeda motor 4 langkah 125 cc. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian eksperimen (experimental research). Objek penelitian adalah sepeda motor 4 langkah 125 cc tahun 2004. Penelitian dilakukan di Bengkel Teknik Kendaraan Ringan SMK Teknologi Balung. Instrumen penelitian adalah gas analizer, tacho meter dan termometer. Catalytic converter dalam penelitian ini menggunakan tiga variasi tinggi tekukan plat tembaga yaitu 1,5 mm; 2,5 mm dan 3,5 mm. Variasi putaran mesin dalam penelitian ini adalah 1500 rpm, 3500 rpm, 5500 rpm, 7500 rpm dan 9500 rpm. Dari data hasil penelitian menunjukan bahwa penurunan konsentrasi gas CO terbesar terjadi pada knalpot dengan catalytic converter 1,5 mm pada putaran 5500 rpm yaitu sebesar 74,40% dari konsentrasi gas CO 3,36% menjadi 0,86% dibandingkan dengan knalpot tanpa catalytic converter. Sedangkan penurunan konsentrasi gas HC terbesar terjadi pada catalytic converter 1,5 mm pada putaran 5500 rpm yaitu sebesar 49,56%, dari konsentrasi gas HC 68,60 ppm menjadi 34,60 ppm.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emisi gas buang, catalytic converter, katalis dan tembaga | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI21201#TEKNIK MESIN" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2019 03:11 | |||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2019 03:11 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3111 |
Actions (login required)
View Item |