Sugianto, Adi (2018) Studi Desain Pondasi Rakit (Raft Fondation) dengan Menggunakan Metode Kekakuan Konvensional pada Pembangunan Gedung Meotel Dafam Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
Abstract
Pondasi adalah suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi meletakkan bangunan dan meneruskan beban bangunan atas dasar tanah yang cukup kuat mendukungnya. Pondasi rakit adalah pelat beton yang berbentuk rakit melebar keseluruh bagian dasar bangunan, untuk menyebarkan beban kolom menjadi distribusi tekanan yang lebih seragam dan untuk memberikan lantai buat ruang bawah-tanah. Studi pondasi pada gedung tersebut dilakukan pengumpulan berbagai data dilapangan seperti gambar rencana, data tanah, mutu beton dll. pengumpulan data tanah diperoleh dari hasil uji laboratorium yang berupa data hasil SPT. Dari data yang kami olah menggunakan alat bantu software PLAXIS 2D versi 8.2 untuk mengetahui kapasitas daya dukung maksimum pondasi rakit yang ditinjau terhadap beban yang bekerja diatas pondasi. Berdasarkan hasil dari analisis dalam penelitian ini didapat daya dukung tanah pondasi rakit mampu memikul beban dan momen yang bekerja di atas pondasi, penurunan total yang terjadi pada pondasi rakit relatif kecil dari penurunan total maksimum yang diizinkan, sehingga dinyatakan aman kemampuan pondasi rakit pada gedung tersebut memiliki lendutan yang terjadi relatif kecil sehingga masih mampu menahan beban kolom. Serta Differential settlement (perbedaan penurunan) yang terjadi pada pondasi pada proyek Pembangunan Meotel Dafam Jember lebih dari 0.5 sehingga pondasi Rakit tergolong kaku dan kemungkinan terjadi differential settlement sangatlah kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pondasi Rakit, Daya Dukung, Lendutan | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI22201#TEKNIK SIPIL" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2019 02:04 | |||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2019 02:04 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3144 |
Actions (login required)
View Item |