Evaluasi Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Pada PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Desa Landangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo

Susanti, Ana (2016) Evaluasi Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Pada PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Desa Landangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Accepted Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk 1) mengetahui Sistem Akuntansi Penggajian karyawan yang diterapkan PT. Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Desa Landangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo 2) mengevaluasi terhadap Sistem Akuntansi Penggajian karyawan yang diterapkan PT. Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Desa Landangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Metode analisis data yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan cara 1) mempelajari sistem akuntansi penggajian di PT. Panca Mitra Multi Perdana Situbondo Desa Landangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo; 2) mengevaluasi sistem akuntansi penggajian di PT. Panca Mitra Multi Perdana Situbondo Desa Landangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data serta pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian PT. Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) sudah baik, hal ini dibuktikan dengan fungsi yang terkait dengan Sistem Akuntansi Penggajian meliputi fungsi kepegawaian, fungsi pencatatan waktu hadir, fungsi accounting atau akuntansi dan fungsi keuangan, dokumen yang digunakan adalah dokumen daftar hadir karyawan, daftar lembur, daftar uang makan, dokumen bukti kas keluar, dokumen daftar gaji, slip gaji dan amplop gaji, catatan yang diperlukan adalah jurnal umum, jaringan prosedur yang digunakan ialah prosedur pencatatan waktu hadir, prosedur pembuatan daftar gaji, prosedur pembuatan bukti kas keluar dan prosedur pembayaran gaji, flowchart/bagan alir dokumen sistem penggajian pada PT. Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) belum ada; 2) hasil evaluasi sistem akuntansi penggajian karyawan pada PT. Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) sudah baik namun masih terdapat kelemahan yakni fungsi pembayaran gaji masih merangkap dengan fungsi yang membuat bukti kas keluar penggajian, dalam sistem penggajian juga belum menggunakan dokumen rekap daftar gaji karyawan dan belum terdapat bagan alir sistem akuntansi penggajian.

Item Type: Article
Additional Information: Ana Susanti (1110421036)
Uncontrolled Keywords: sistem akuntansi penggajian
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:42
Last Modified: 28 Mar 2018 05:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item