Desain Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Pengaturan Tahanan Jangkar Terhadap Efisiensi Motor DC Seri

Ramadhan, Rizki Arief (2019) Desain Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Pengaturan Tahanan Jangkar Terhadap Efisiensi Motor DC Seri. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (494kB)

Abstract

Motor arus searah mempunyai banyak aplikasi dalam industri modern. Keunggulan dari motor arus searah adalah dalam hal pengendalian kecepatannya. Motor arus searah lebih mudah dikendalikan kecepatan sudutnya dari pada motor jenis lainnya. Pengaturan kecepatan pada motor arus searah dapat dilakukan dengan metode pengaturan tahanan rangkaian jangkar (Armature Circuit Resistance Control). Pengaturan putaran motor ini dilakukan dengan mengubah-ubah besaran tahanan jangkar. Dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa variasi besaran tahanan yaitu 0, 0.05, 0.1, 0.15 dan 0.2 Ω. Berdasarkan hasil pengujian pada motor DC seri dapat disimpulkan bahwa semakin besar nilai tahanan jangkar maka efisiensinya semakin rendah, sebaliknya jika nilai tahanan jangkar semakin rendah efisiensinya semakin besar. Pada motor DC seri ini juga diperoleh nilai putaran tertinggi sebesar 14297 rpm ketika besaran tahanan jangkar 0 Ω dan putaran terendah sebesar 6076 rpm ketika besaran tahanan jangkar 0.2 Ω. Efisiensi tertinggi sebesar 84,5% saat tahanan jangkar 0 Ω dan efisiensi terendah 60,4% saat tahanan jangkar 0,2 Ω.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motor DC, Tahanan Jangkar, Efisiensi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 601 Philosophy and Theory of Technology
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: RAMADHAN RIZKI ARIEF
Date Deposited: 28 Jan 2020 01:27
Last Modified: 28 Jan 2020 01:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item View Item