Penerapan Standar Akuntansi Keungan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Perikanan (Studi kasus pada usaha perikanan H. Zainul Tamanan Bondowoso)

Riyandika, Dedi (2017) Penerapan Standar Akuntansi Keungan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Perikanan (Studi kasus pada usaha perikanan H. Zainul Tamanan Bondowoso). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Standar Akuntabilitas Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) merupakan salah satu standar keuangan yang di tetapkan untuk mempermudah sektor usaha kecil (UMKM) menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang lebih informatif dan SAK ETAP ini bisa jadi pedoman yang lebih sederhana dan mudah dimengerti bagi kalangan luas untuk menyusun laporan keuangan secara umum bisa diterima. Bertujuan dapat memberikan kemudahan bagi investor maupun kreditor guna untuk memberikan bantuan dana dalam mengembangkan usaha. SAK ETAP menarik untuk diteliti karena dapat memberikan gambaran bagi pihak perusahaan yang belum memiliki pencatatan laporan keuangan (SAK ETAP). Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif yang berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Usaha Industri Perikanan H. Zainul Tamanan Bondowoso yang memiliki pendapatan besar, namun pencatatan keuangan yang dilakukan masih secara manual yaitu pencatatan pembelian dan penjualan belum memiliki laporan keuangan SAK ETAP, artinya Usaha Industri Perikanan H. Zainul Tamanan Bondowoso tergolong kriteria SAK ETAP dan pengaruh SAK ETAP akan memberikan dampak positif untuk meningkatnya perubahan perusahaan tersebut. Alasan membuat pencatatan laporan keuangan adalah untuk mengetahui aktivitas keluar masuknya akun – akun yang ada pada Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Diharapkan dengan adanya SAK ETAP, perusahaan kecil, menengah, mampu untuk menyusun laporan keuangannya sendiri, dapat diaudit dan mendapatkan opini audit, sehingga dapat menggunakan laporan keuangannya untuk mendapatkan dana (misalnya dari Bank), tetap memberikan informasi yang handal, mudah dalam implementasi penyajian laporan keuangan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Dedi Riyandika
Uncontrolled Keywords: SAK ETAP, Sistem Pencatatan Keuangan, UMKM
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:00
Last Modified: 06 Sep 2019 10:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item