fikri, muhammad adin (2020) Analisa Performa Kinerja Layanan Aplikasi VoIP Pada Telegram Dan Line Menggunakan Mos (Mean Opinion Score) Dengan Metode E-Model. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (491kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
|
Text
i. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
J. ARTIKEL .pdf Download (1MB) |
Abstract
ANALISA PERFORMA KINERJA LAYANAN APLIKASI VOIP PADA TELEGRAM DAN LINE MENGGUNAKAN MOS (MEAN OPINION SCORE) DENGAN METODE E-MODEL ¹Muhammad Adin Fikri ²Triawan Adi Cahyanto, M.Kom Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember ¹Email: fikriadin26@gmail.com ABSTRAK Di era digital saat ini, komunikasi menjadi hal yang tidak dapat dipungkiri dari kehidupan masyarakat dan menjadi sebuah kebutuhan. VoIP (Voice Over Internet Protocol) merupakan contoh teknologi komunikasi yang semakin berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat. VoIP seolah jadi jalan alternaatif komunikasi yang dipilih masyarakat dibandingkan dengan komunikasi melalui jaringan telepon biasa. Hal itu disebabkan biayanya yang murah karena menggunakan internet sebagia media serta dapat dilakukan dimana saja. Untuk melihat seberapa baik kualitas yang dihasilkan layanan VoIP pada aplikasi Telegram dan Line bagi para pengguna, maka digunakan Mean Opinion Score (MOS) yang berguna untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna layanan yang digunakan. ITU-T menyediakan dua metode tes pengujian MOS, yaitu subjektif dan objektif. Dalam faktor penurunan kualitas pada Telegram, R-Faktor mendapatkan nilai yang berkisar antara 72,677 hingga 75,622 selama proses panggilan yang berlangsung lima menit dan didapatkan nilai MOS yang berkisaran 3,719 sampai 3,848. Dengan mengestimasi nilai R-Faktor ke dalam tingkat kepuasan pengguna, kualitas dari layanan VoIP, aplikasi Telgram ini di kategorikan “cukup baik”. Sedangkan hasil penurunan kualitas pada aplikasi Line didapatkan nilai R-Faktor yang berkisar antara 75,420 hingga 82,319 selama proses panggilan yang berlangsung lima menit dan didapatkan nilai MOS yang berkisar 3,839 sampai 4,108. Maka dengan mengestimasi nilai R-Faktor ke dalam tingkat kepuasan pengguna, kualitas dari layanan VoIP aplikasi Line ini di kategorikan “baik”. . Kata Kunci : VoIP (Voice Over Internet Protocol), Telegram, Line, MOS(Mean Opinion Score), ITU-T.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics | ||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI55201#TEKNIKINFORMATIKA" not defined] | ||||||
Depositing User: | Muhammad Adin Fikri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Contact Email Address: | fikriadin26@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2020 01:53 | ||||||
Last Modified: | 06 Mar 2020 01:54 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3759 |
Actions (login required)
View Item |