Studi Alternatif Penguatan Timbunan Tanah Di Belakang Abutmen Jembatan Sengkaling



santosa, andris putra (2020) Studi Alternatif Penguatan Timbunan Tanah Di Belakang Abutmen Jembatan Sengkaling. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of A. Pendahuluan.pdf] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of B. BAB I.pdf] Text
B. BAB I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of C. BAB II.pdf] Text
C. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of D. BAB III.pdf] Text
D. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB IV.pdf] Text
E. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB V.pdf] Text
F. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of G. Daftar Pustaka.pdf] Text
G. Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of H. Lampiran.pdf] Text
H. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of J. Jurnal.pdf] Text
J. Jurnal.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara struktural jembatan dipisahkan menjadi bangunan atas dan bangunan bawah. Sesuai fungsinya, bangunan bawah jembatan menopang dan meneruskan beban dari bangunan atas jembatan ke lapisan tanah yang kuat dan stabil/solid. Bangunan bawah jembatan terdiri dari abutmen dan pondasi, dimana abutmen bisa juga berfungsi sebagai pondasi jembatan.
Metode yang digunakan untuk analisis kestabilan abutmen pada penelitian ini adalah menggunakan soft wer bantu yaitu soft were GEO5 dengan standar safeti faktor 1,50 dengan acuan standart internasional
Dari analisis kekuatan stabilitas yang telah dilakukan pada studi kasus ini menyatakan bahwa nilai analisis geser yang terbaca pada soft were GEO5 adalah kurang dari 1,50 dan perlu adanya perkuatan
Dengan adanya perkuatan menggunakan lembaran geotekstile untuk kedalaman 9 meter dengan jumlah geotekstie 57 mehasikan safety faktor 1,60>1,50 dan dinyatakan stabil
Dengan adanya perkuatan menggunakan bore pile dengan jarak 1 meter dari dari aboutmen jembatan dengan diamete 60cm dengan kedalaman 60m maka di dapat safety faktor 1,58>1,50 dan dinyatakan
Untuk perbandingan dari kedua perkuatan diatas bahwasannya untuk metode perkuatan menggunakan bore pile lebih efiesien dari pada menggunakan metode perkuatan dengan penanaman lembaran geotekstil dengan prosentase 54% lebih efisien

Kata Kunci : Tekanan tanah pasif, Tekanan tanah aktif, Sliding momen, Momen geser.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Priyono, Pujo
nidn00221264002
Dosen Pembimbing
Alihudin, Arief
nidn0725097101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Tekanan tanah pasif, Tekanan tanah aktif, Sliding momen, Momen geser.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Andris Putra Santosa | andrispsps804@gmail.com
Date Deposited: 07 Mar 2020 02:37
Last Modified: 07 Mar 2020 02:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item View Item