Analisis Pemasaran Agroindustri Kerupuk Ikan Antar Skala Usaha Di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo

susiansyah, achmad erwin (2020) Analisis Pemasaran Agroindustri Kerupuk Ikan Antar Skala Usaha Di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Muhamadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (540kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf

Download (623kB)
[img] Text
e. BAB 3.pdf

Download (260kB)
[img] Text
f. BAB 4.pdf

Download (608kB)
[img] Text
g. BAB 5.pdf

Download (388kB)
[img] Text
h. BAB 6.pdf

Download (440kB)
[img] Text
i. BAB 7.pdf

Download (138kB)
[img] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
k. LAMPIRAN fiks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
l. ARTIKEL.pdf

Download (893kB)

Abstract

Potensi perikanan laut di Desa Gelung Kecamatan Panarukan di manfaatkan sebagian warganya sebagai pengrajin kerupuk ikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1). untuk mengukur perbedaan keuntungan agroindustri kerupuk ikan antar skala usaha di Desa Gelung Kecamatan Panarukan, 2). untuk mengetahui macam saluran pemasaran pada agroindustri kerupuk ikan antar skala usaha, 3). untuk mengukur keuntungan pemasaran agroindustri kerupuk ikan antar skala usaha, 4). untuk mengukur efisiensi pemasaran pada agroindustri kerupuk ikan antar skala usaha. Penelitian berlokasi di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analitik dengan lokasi penelitian di pilih secara sengaja (purposive method). Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh pengusaha kerupuk ikan di Desa Gelung Kecamatan Panarukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, saluran pemasaran, keuntungan pemasaran, farmer share, ratio keuntungan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Tidak terdapat perbedaan tingkat keuntungan antar skala usaha. Rata-rata keuntungan pada skala kecil Rp 8.244/kg produk sedangkan skala rumah tangga Rp 9.241/kg produk, 2). Ada dua macam saluran pemasaran kerupuk ikan, yaitu: a.) saluran pemasaran satu tingkat digunakan oleh 44% pengrajin yang seluruhnya merupakan skala rumah tangga, b.) saluran dua tingkat digunakan oleh 56% pengrajin, seluruhnya pengrajin skala kecil, 3). Seluruh keuntungan pemasaran pada agroindustri kerupuk ikan menguntungkan. Keuntungan pemasaran skala kecil sebesar Rp 1.786/kg produk sedangkan skala rumah tangga sebesar Rp 3.106/kg produk, 4). seluruh saluran pemasaran yang digunakan efisien, Farmer share perngrajin pada saluran dua tingkat yaitu sebesar 77,91% lebih besar dari pada saluran satu tingkat yaitu sebesar 89,44%. Dengan rasio keuntungan atau biaya pada skala kecil yaitu 0.02 sedangkan pada skala rumah tangga 0.11 lebih besar dari skala kecil. Kata Kunci: Farmer Share. Kerupuk Ikan, Keuntungan Pemasaran, dan Keuntungan, Saluran Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Susiansyah Achmad Erwin
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:35
Last Modified: 11 Mar 2020 02:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3827

Actions (login required)

View Item View Item