Penerapan Algoritma Apriori Untuk Mencari Pola Penjualan di Cafe (Studi Kasus : Kedai Ceplok)



Nurhasanah, Siti (2020) Penerapan Algoritma Apriori Untuk Mencari Pola Penjualan di Cafe (Studi Kasus : Kedai Ceplok). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of a. PENDAHULUAN.pdf] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of b. ABSTRAK.pdf] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of c. BAB I.pdf] Text
c. BAB I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of d. BAB II.pdf] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[thumbnail of e. BAB III.pdf] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of f. BAB IV.pdf] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of g. BAB V.pdf] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of h. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of i. LAMPIRAN.pdf] Text
i. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of j. JURNAL.pdf] Text
j. JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan. Untuk menentukan dan mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, kafe perlu mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Salah satu cara untuk mengenali kondisi pasar adalah mengetahui selera beli konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi pembelian. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Pihak kafe dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk megambil tindakan bisnis yang sesuai, dalam hal ini informasi dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan strategi penjualan selanjutnya.
Dengan menggunakan metode data mining yaitu market basket analysis dan algoritma apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukkan pola beli konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain. Berdasarkan hasil dari perhitungan lift ratio , rule yang bisa direkomendasikan adalah rule yang memiliki nilai lift ratio sama dengan 1 atau lebih dari 1 adalah sebanyak 0 aturan asosiasi, hal ini menunjukkan bahwa dari data penjualan cafe kedai ceplok tidak ada rule yang kuat untuk direkomendasikan berdasarkan perhitungan lift ratio.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Daryanto, Daryanto
nidn0707077203
Dosen Pembimbing
Abdurrahman, Ginanjar
nidn0714078704

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Penerapan Algoritma Apriori Untuk Mencari Pola Penjualan di cafe (Studi Kasus: kedai Ceplok)
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Siti Nurhasanah | habibieikhwan98@gmail.com
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:02
Last Modified: 19 Apr 2021 03:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3913

Actions (login required)

View Item View Item