Artikel (STRATEGI KREATIF UMKM KERAJINAN TANGAN DI ERA DIGITAL PADA WILAYAH KABUPATEN JEMBER)



Feti, Fatimah (2018) Artikel (STRATEGI KREATIF UMKM KERAJINAN TANGAN DI ERA DIGITAL PADA WILAYAH KABUPATEN JEMBER). Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Artikel strategi kreatif.pdf] Text
Artikel strategi kreatif.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Identifikasi perilaku
konsumen terhadap produk UMKM Kerajian Tangan di wilayah Jember dan
bagaimana strategi kreatif UMKM kerajinan tangan di era digital pada wilayah
Kabupaten Jember. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Dalam
penelitian ini menggunakan alat analisis data Importance-Performance Analysis,
Diagram sebab-akibat (Fish Bone Diagram), Analisis SWOT. Hasil identifikasi
perilaku konsumen terhadap produk UMKM adalah produk UMKM belum
mampu mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli. Dibuktikan dengan
nilai rata-rata pelaksanaan adalah 2,67. Nilai rata-rata harapan adalah 4,03.
Variabel-variabel yang dipertimbangkan untuk identifikasi perilaku konsumen
terhadap produk UMKM Kerajian Tangan di wilayah Jember adalah Faktor
Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologi. Strategi yang
digunakan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat adalah: Strategi SO: 1)
Perbaikan kualitas produk dan pelayanan. 2) Research and development. Strategi
WO: 1) Penggalian modal 2) Promosi 3) Pengembangan mutu SDM. 4)
Meningkatkan semangat kerja SDM. Strategi ST: Optimalisasi kualitas
pelayanan. Strategi WT: Community development. Strategi SO (Strenghts –
Opportunities) merupakan alternatif strategi yang harus segera dilaksanakan oleh
UMKM, hal ini dikarenakan alternatif strategi SO dapat meningkatkan
kemampuan bersaing UMKM dengan cepat dan menanggulangi masalah-masalah
penting yang dihadapi oleh UMKM. Penggunaan alternatif strategi SO berarti
pemanfaatan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh UMKM secara optimal.
Kekuatan dan peluang yang dimiliki UMKM harus dimanfaatkan sebaik mungkin
karena ini merupakan aset yang dimiliki oleh UMKM.

[error in script]

Item Type: Article
Keywords/Kata Kunci: Identifikasi perilaku konsumen, Analisis SWOT
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Feti Fatimah | fetifatimah@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2020 02:14
Last Modified: 15 Apr 2020 02:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item View Item