Analisis Tindak Tutur Direktif Dalam Interaksi Belajar Mengajar Pada Pembelajaran Indonesia

Sari, Dinta Adinda Putri (2020) Analisis Tindak Tutur Direktif Dalam Interaksi Belajar Mengajar Pada Pembelajaran Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (343kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
j. Lampiran.pdf

Download (571kB)
[img] Text
k. artikel.pdf

Download (449kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Dinta Adinda Putri. 2020.Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Belajar Mengajar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1)Dr.Tanzil Huda, M.Pd. (2) Rofiatul Hima, SS. M.Hum. Kata kunci: Tindak Tutur Direktif , Interaksi Belajar Mengajar, Pembelajran Bahasa Indonesia Tindak Tutur direktif pada dasarnya ketika pentur mengatakan sesuatu tuturan yang menginginkan mitra tutur melakukan sesuatu. Tindak tutur direktif juga bias ditrmukan pada saat proses pembelajaran berlangsung yang dilakukan didalam kelas. Proses interaksi pada pembelajaran di dalam kelas merupakan wujud asli dari tindak tutur direktif. Tuturan dalam interaksi pembelajaran berupa tuturan permintaan, tuturan pertanyaan, tuturan perintah, tuturan larangan, tuturan pemberian izin dan tuturan naehat. Permasalahan yang muncul pada latar belakang adalah bagaimana jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam proses interaksi belajar mengajar pada pembelajaran bahasa Indonesia yang terdapat pada siswa SMK Plus Modal Bangsa Rambipuji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif yang terdapat pada proses interaksi belajar mengajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK plus Modal Bangsa Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sasaran penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di SMK Plus Modal Bangsa Rambipuji. Tempat penelitian ini di SMK Plus Modal Bangsa Rambipuji, pada tanggal 06 Oktober 2019. Teknik pengumpul data adalah observasi, rekam dan catat. Instrumen pengumpulan data peneliti selaku instrument utama dengan menggunakan alat bantu berupa handphone pribadi untuk merekam. untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode baca markah. Hasil penelitian ini terdapat enam jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam interaksi kegiatan belajar mengajar. Ke enam tindak tutur direktif yang ditemukan yakni tuturan permintaan, tuturan pertanyaan, tuturan perintah, tuturan larangan, tuturan pemberian izin, dan tuturan nasehat. Berdasarkan hasil tersebut, kesimpulan penelitian ini adalah terdapat 5 tuturan permintaan, 20 tuturan pertanyaan, 9 tuturan perintah, 3 tuturan larangan, 3 tuturan pemberian izin, dan 4 tuturan nasehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur Direktif, Interaksi Belajar Mengajar,Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Sari Dinta Adinda Putri
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorHuda, Tanzilnidn0723036803
Thesis advisorHima, Rofiatulnidn0702058402
Contact Email Address: dintaa21@gmail.com
Date Deposited: 28 Apr 2020 04:49
Last Modified: 28 Apr 2020 04:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4147

Actions (login required)

View Item View Item