(Peer Review + Similarity)Mengenalkan Konsep Matematika Awal di Sentra Balok

Vety, Ike and Wardhani, Wahju Dyah Laksmi (2018) (Peer Review + Similarity)Mengenalkan Konsep Matematika Awal di Sentra Balok. FKIP Univ Muhammadiyah Magelang, Edukasi (jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan.

[img]
Preview
Image
Peer Review 1.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi anak memahami konsep dasar matematika anak kelompok A (usia 4 -5 tahun) di TK Al Hidayah, Patrang, Jember. Memasuki semester 2 semestinya anak sudah mengenal dan memiliki kemampuan yang lebih baik tentang beberapa konsep matematika, seperti mengelompokkan benda dengan kategori tertentu, mengurutkan benda dengan pola tertentu serta berhitung dari I - IO dengan urutan yang benar dan sesuai media yang dihitung. Namun hal ini tidak terjadi di Kelompok A TK Al Hidayah, karena pola mengajar guru yang dilakukan saat menjelaskan masih monoton, guru mengajarkan konsep berhitung menggunakan cara Jama yakni menulis angka dengan menggambar benda di papan tulis. Satu ha! yang menarik saat anak bermain di sentra balok, setiap anak nampak sangat nyaman bermain dan terlibat intens dengan media yang ada di sentra tersebut. Selama ini kegiatan di sentra balok dikondisikan hanya untuk kegiatan bermain pembangunan saja, sehingga hanya melibatkan motorik. Pelaksanaan tindakan dilakukan untuk menjawab rumusan masalah bagaimanakah mengenalkan konsep matematika awal melalui kegiatan di sentra balok. Dilakukan dalam tiga sikJus dengan standar kesuksesan yang diharapkan 80%, pada akhir sikJus ke 3 anak rnampu melebihi standar kesuksesan yang ditetapkan. Pada pertemuan hari kedua sikJus ID, diketahui sudah tidak ada lagi anak yang berbintang satu atau anak yang belum berkembang, terlihat dari hasil penilaian harian yang menunjukkan disetiap indikator sudah melampaui dari kriteria kesuksesan sebesar 80%. Kata Kunci: Konsep Matematika Awai, Sentra Balok

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Konsep Matematika Awal, Sentra Balok
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 375 Curricula
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: W. Dyah Laksmi Wardhani
Date Deposited: 29 Apr 2020 01:47
Last Modified: 29 Apr 2020 01:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4148

Actions (login required)

View Item View Item